Sudahkah Memberikan Hak Untuk Diri Anda?

Sahabat Famotiva yang berbahagia..
Tanpa terasa waktu demi waktu terus berlalu. Pagi berganti siang, siang berganti sore, sore beranjak ke malam. Segala rutinitas selama 24 jam tentu cukup menguras tenaga dan pikiran bukan? Namun itu semua memang sudah alurnya. Aktivitas bekerja, istirahat dan beribadah adalah sebagian alur yang harus kita lakukan. Karena segala sesuatu harus seimbang.
Mungkin ada sebagian dari sahabat yang bekerja pagi pulang sore. Juga ada yang masuk malam pulang pagi, dsb. Segala rutinitas yang dikerjakan oleh kita semua tentu membuat tubuh cukup merasa capek. Nah disini seharusnya kita pandai mengatur hak yang harus kita penuhi untuk diri kita.
Dalam hadist, Rasulullah saw bersabda, artinya: “Sesungguhnya tubuhmu punya hak atas dirimu. Kedua matamu memiliki hak atas dirimu.” (HR. Bukhari)


Jangan sampai kita sewenang-wenang terhadap diri sendiri. Seperti sudah waktunya ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan) tapi tetap digunakan bekerja. Wah… hati-hati sahabat, jangan meremehkan apa yang telah menjadi hak untuk diri sendiri. Ingat, setiap anggota tubuh ada haknya, penuhilah dengan sebaik mungkin.
Sebab, segala hal yang kita lakukan akan dipertanggung jawabankan kelak di hadapan Allah Subhanu Wa Ta’ala.
Bila waktunya makan ya makan, jangan masih saja sibuk bekerja. Bila waktunya sholat ya sholat, jangan asik dengan bercanda bersama rekan. Bila malam waktunya istirahat ya istirahatlah, jangan begadang yang tidak ada alasan dan manfaatnya.
Penuhi hak sesuai dengan tempat dan waktunya. Jangan sampai berlaku zalim, termasuk pada diri sendiri. Adillah, termasuk adil dalam memberi hak untuk badan kita, ruh kita dan diri kita.
Dalam Al qur’an tertulis, artinya: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Qs. Al Qashash [28]: 77)
Yuk sayangi diri sejak dini, jangan sampai kau menyesal karena tak memenuhi hak diri dengan baik.
Note: Kabar gembira untuk teman-teman yang ingin mendapatkan artikel-artikel motivasi, inspirasi dan islami lainnya silahkan teman-teman download aplikasi "PEMUDA KAHFI" di Google Play/Play Store.
Semoga bermanfaat.

0 comments