Kamu Tipe yang Mana? Teman yang Mengajak Kebaikan atau Keburukan?


Teman adalah salah satu hal yang dapat memberikan pengaruh bagi seseorang. Sebab pergaulan akan memberikan dampak yang nyata pada kepribadian kita, manusia. Penting memang jika kita bisa bergaul dengan siapapun. Namun lebih penting lagi bila kita mampu memilah dan memilih teman yang baik untuk diri kita. Karena pertemanan yang kita inginkan tidak hanya sebatas di dunia saja. Tapi juga di akhirat kelak. 

Saking pentingnya pengaruh teman dalam kehidupan, kita dianjurkan memilih teman yang akan membuat kita semakin dekat kepada Sang Pencipta, Allah Ta’ala.

Dalam hadist, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, artinya: “Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka hendaknya salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.” (HR.Ahmad dan At-Tirmidzi)

Manusiawi rasanya bila kita mencari teman yang sejalan dengan kepribadian kita. Yang tidak hanya asik untuk dijadikan teman bermain. Tapi juga enak untuk diajak diskusi, diajak berbagi bahkan dijadikan penasehat tentunya.

Memiliki banyak teman akrab pastilah menjadi keinginan setiap orang, betul tidak?
Namun yang jadi pertanyaannya sekarang adalah?
Apakah semua itu akan menjadikanmu semakin dekat kepada Allah atau justru membuatmu semakin lupa dan jauh dari Allah?

Dalam Al-qur’an Allah berfirman, artinya: “Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

Dari ayat tersebut kita dapat memahami bahwa penting sekali untuk mencari teman yang sholeh dan sholehah. Teman yang mampu membimbing kita menuju surga Allah. Karena teman yang baik akan membuat kita termotivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Membuat kita lebih semangat untuk sama-sama mengerjakan amal sholeh dan mencari ridho Allah.

Bila mulai bersikap keliru, ada yang mengingatkan.
Bila mulai ogah-ogahan dalam berbuat kebaikan, ada yang menyadarkan.
Bila berjalan pada arah kemaksiatan, ada yang menarik kembali pada jalan kebenaran.

MasyaAllah. Indahnya.

Selain itu, teman yang baik juga akan berusaha mengajak kita untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Lalu apa ada kriteria khusus teman yang baik itu seperti apa?
Tentunya sobat sendiri InsyaAllah lebih tahu, baik itu yang seperti apa dan bagaimana. 
Pastinya mereka itu akan memberikan pengaruh positif terhadap kita.

Contoh, jika dulunya kita berteman hanya untuk ketawa-ketiwi, bergosip ria, belanja-belanja tanpa ada kebutuhan, dan sekedar hura-hura saja. 

Namun ketika kita bergaul dengan teman yang sholeh atau sholehah, kebiasaan-kebiasaan buruk itu hilang. Berganti menjadi kebiasaan yang baik, seperti suka ikut kajian bersama, belajar mengaji tiap hari bersama, rutin sholat berjamaah, gemar mengikuti bakti sosial, dan kegiatan positif lainnya.

Tentu terlihat jelas bukan pengaruh positifnya?

Nah, oleh sebab itu. Yuk sama-sama mencari teman yang baik. 

Cari teman yang akan membuatmu semakin dekat kepada Allah, bukan justru membuatmu lalai dan jauh dari Allah. 

Carilah teman yang akan mengajakmu ke jalan yang lurus. Jalan menuju surgaNya Allah. Bukan jalan maksiat yang justru menjerumuskan pada panasnya bara api neraka.

Minimal mulailah belajar untuk menjadi pribadi yang baik agar menjadi jembatan bagi orang lain untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Yang Esa. Semoga.


Wallahu'alam


0 comments