Bulan Muharram Tiba, Yuk Perbanyak Puasa!


Sahabat, kini kita masuk ke dalam bulan Muharram 1440 H. Mengawali tahun yang baru, mari kita sambut dengan penuh suka cita disertai dengan amal-amalan sholih yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan puasa. 

Bicara tentang puasa, sahabat sudah tahu belum bahwa tanggal 9 dan 10 Muharram 1440 H, yang jatuh pada tanggal 19 dan 20 September 2018 M, kita dianjurkan untuk berpuasa?

Yap, pada tanggal tersebut kita disunnahkan untuk berpuasa.  Pada tanggal 9 Muharram disebut sebagai puasa Tasu’ah dan  tanggal 10 Muharram dikenal sebagai puasa Asyura.

Sebagaimana sabda baginda Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam, artinya:
Berpuasalah pada hari Asyura dan berpuasalah sehari sebelum dan setelahnya dan janganlah kalian menyerupai orang Yahudi.” (HR. Ath-Thahawi)

Dalam hadist lain juga disebutkan, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda, artinya: “Puasa Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

MasyaAllah, tentu ini adalah amalan yang tak boleh kita lewatkan ya sahabat. Ingat lho, puasa-puasa pada tanggal ini hanya kita temukan setahun sekali. Sayang dong kalau kita lewatkan. Belum lagi keutamaannya yang begitu besar, sungguh menyedihkan bila kita abaikan begitu saja. 

Apalagi sahabat tentu tahu sendiri, bahwa puasa memiliki banyak manfaat. Tak hanya baik untuk jasmani tapi juga untuk rohani. Selain bernilai ibadah, puasa juga menjamin akan menyehatkan tubuh kita. 

MasyaAllah nikmat sekali ya.

Nah, selain puasa Tasu’ah dan Asyura, ada juga puasa Sunnah Ayyamul Bidh yang bisa sahabat kerjakan, lho. Yaitu puasa pada tanggal 13-15 Muharram 1440 H atau pada tanggal 23-25 September 2018 M.

Semoga kita diberikan kemampuan untuk berpuasa di tanggal-tanggal tersebut ya sahabat. Jangan lupa, bantu sebarkan informasi ini karena kebaikan harus ditebarkan. 

Catat tanggalnya dan mari kita laksanakan puasanya!

Note: Baca juga tulisan lainnya di bit.ly/pemudakahfi

0 comments