3 Kekuatan Teman Saleh dalam Hijrah


Saleh


Sahabat, kita tentu ingin memiliki lingkungan yang baik, teman-teman yang menyenangkan, dan keluarga yang saleh dan salehah, bukan? 

MasyaAllah, indah sekali ya rasanya jika itu terjadi dalam hidup kita? Kemungkinan hijrah pun dirasa  menjadi lebih mudah dan cepat. Karena keluarga, teman dan lingkungan mendukung kita untuk menjadi lebih baik.

Maka, bersyukurlah bila kita dikelilingi oleh teman-teman yang saleh dan salehah.
Karena kita akan memiliki banyak manfaat, di antara 3 manfaat kekuatan dari teman yang saleh/ah adalah:

1. Mengingatkan dalam Beramal Saleh serta Menasihati Bila Melakukan Kesalahan

Beramal saleh adalah hal yang perlu disegerakan. Tidak ada alasan menunda dalam beramal saleh. Namun sifat manusiawi tak bisa dipungkiri. Tak jarang rasa malas, jenuh, bosan, sukar, menjangkiti hati kita. Akhirnya, amal yang bisa dikerjakan sesegera mungkin, justru malah ditunda bahkan berani ditinggalkan. 

Tapi, akan berbeda bila kita dikelilingi atau memiliki teman-teman yang saleh/ah, mereka akan menjadi motivator kita untuk lebih semangat dan mendorong kita untuk bantu mengingatakan beramal saleh.

Teman yang saleh/ah pun, tentu tak akan membiarkan temannya jatuh dalam jurang kemaksiatan atau lembah bernama dosa. Bila kita keliru, akan ia ingatkan. Bila kita salah, akan ia bantu perbaiki. Karena Allah tanamkan rasa cinta dalam hatinya, agar bisa berjamaah dalam melaksanakan amal saleh dan mengajak  hijrah ke arah yang lebih baik.

2. Mendoakan Kebaikan untuk Temannya

“Sesungguhnya doa seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa’a yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendoakan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan doanya. Tatkala dia mendoakan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.” Shafwan pun mengatakan, “Aku pun bertemu Abu Darda’ di pasar, lalu Abu Darda’ mengatakan sebagaimana istrinya tadi. Abu Darda’ mengatakan bahwa dia menukilnya dari Nabi Shalallahu Alaihi Wassalam.” (HR. Muslim,no. 2733)

Maka, inilah kekuatan teman saleh yang selanjutnya, ia akan mendoakan kebaikan tak hanya untuk dirinya, tapi juga kebaikan untuk temannya yang lain. Maka betapa beruntungnya bila kita memiliki teman yang saleh.

3.Teman Dekat yang Baik akan Dibangkitkan Bersama pada Hari Kiamat

Dari Abu Musa ra, ia berkata, “Ada yang berkata pada Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam, ‘Ada seseorang yang mencintai suatu kaum, namun ia tak pernah berjumpa dengan mereka.’ Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam lantas bersabda, ‘Setiap orang akan dikumpulkan bersama orang yang ia cintai.’” (HR. Bukhari, no. 6170 dan Muslim, no. 2640)

MasyaAllah..
Indah ya? Bila kita memiliki teman-teman yang saleh/ah. 
Maka yuk kita perbanyak rekan, kawan dan handai taulan yang saleh dan berakhlakul islami. 

Bila ada yang belum hijrah, jangan dihina, digunjing atau dijauhi. Rangkul ia dengan kasih sayang dan penuh kelembutan. Karena islam adalah agama yang penuh dengan kedamaian.

Referensi: Tuasikal, Muhammad Abduh.2018.Jangan Pandang Masa Lalunya Langkah Untuk Hijrah. Yogyakarta: Rumaysho.

0 comments