Mengenal Brain Gym dan Manfaatnya

braingym

Berbicara Tentang Brain Gym, Apa Sih yang Teman-teman Ketahui?

Brain adalah otak dan Gym adalah senam. So, brain gym artinya senam otak. Please, jangan dibayangin otak yang bakal senam ke kanan ke kiri atau ke depan ke belakang selayaknya senam pada umumnya. This is different, Guys. Melalui acara yang diadakan oleh Dompet Dhuafa dan PT Daya Wisesa Sinergi (DWS), akhirnya kita jadi tahu deh serunya dan pentingnya senam otak untuk kita semua.

Brain Gym kali ini diadakan di kampus Umar Usman lantai 3, pada Sabtu, 27 Oktober 2018. Acara yang dinanti-nantikan ini dimulai pukul 09.30 WIB. Dimulai dengan sesi pembukaan oleh nona EmSi (read: mc), sambutan dari bapak Eko Handriawan selaku perwakilan managemen Dompet Dhuafa, dan disambung oleh ibu Wina selaku perwakilan dari PT DWS. Dompet Dhuafa sendiri merupakan salah satu lembaga nirlaba yang menaungi harkat kemanusiaan, terkhusus kaum dhuafa dengan dana ZIS, sedangkan PT Daya Wisesa Sinergi merupakan sebuah perusahaan dalam bidang management, training, accounting, tax, information technology yang ada di Indonesia.


Untuk Brain Gym sendiri dipandu oleh seorang pelatih tersertifikasi  yaitu bapak Didin dan Ibu Winani. Sama seperti seminar atau workshop pada umumnya, biasanya yang ditanya adalah kabar dong ya. Begitu juga dengan pak Didin, beliau bertanya “Apa kabar teman-teman pada hari ini?” Coba, Anda jawab dalam hati. Mayoritas kita pasti akan menjawab, “Alhamdulillah luar biasa, Allahu Akbar!”. Yap, kebanyakan sih gitu ya. Tapi karena agenda hari ini membahas tentang kesehatan, terutama seputar otak. Maka jawabannya adalah, “Alhamdulillah, luar biasa. Sehat sehat sehat!” Lho, kok gitu sih jawabannya? Hal ini agar membuat kita bersugesti bahwa kita dalam keadaan yang sehat, sehat dan sehat.

Oke, lanjut ya!

Apa Sih Brain Gym Sebenarnya? 

Brain Gym atau senam otak adalah latihan gerak tubuh yang dilakukan secara sederhana dan menyenangkan yang melibatkan beberapa titik yang berkaitan secara langsung dengan saraf otak.

 Apa Saja Manfaatnya?

Beuh, jangan ditanya. Tahu sendiri kan, otak itu adalah bagian paling penting yang ada di paling atas dari tubuh kita? Nah, dengan brain gym akan membantu meningkatkan konsentrasi, pemfokusan daya ingat, memperbaiki kemampuan komunikasi seseorang, mengatur kondisi emosional yang kita miliki hingga membantu meminimalisir tingkat stress. Waw.

Penting juga ya? Banget.

braingym

Selain brain gym, kita juga harus tahu lho, bahwa latihan fisik juga hal yang penting untuk kita lakukan. Kenapa? Karena dengan latihan fisik akan membantu mengalirkan oksigen dan darah ke otak. Pastinya, akan membuat tubuh kita lebih sehat.

Siapa sih yang nggak mau sehat? Semua pasti mau dong. Ya kan? Anda juga pasti mau. Nah, cara sehat itu ada banyak sekali. Namun secara garis besar, sehat bisa dilakukan dengan melatih fisik dan melatih otak. Pelatihan fisik misalnya senam nusantara, gym, pusat kebugaran dan mendaki gunung. Sedangkan, pelatihan otak salah satunya dengan brain gym.

Brain gym ini mudah lho. Serius deh. Gerakan-gerakannya sederhana tapi bisa menyentuh saraf-saraf yang perlu untuk dijaga. Brain gym ini bisa dilakukan oleh siapa pun, kapan pun, dan dimana pun. “Kak, tapi saya kerja kantoran, sibuk, gak ada waktu buat senam-senam otak segala!” Eits, kata siapa? Semua orang bisa ko, bahkan termasuk lansia juga bisa untuk melakukan brain gym ini. Brain gym sendiri bisa dilakukan 2-3 dalam sehari, sedikit kan, ngga sesering saat Anda bermain gadget lho! Porsi latihannya pun berkisar 10-15 menit. Ngga lama-lama kok. Asli, fleksibel. Bisa di saat Anda istirahat, bekerja, belajar bahkan saat menjaga cucu bermain.


Terus, Gimana Tuh Cara Kerja Brain Gym?

Karena otak memiliki fungsinya masing-masing, maka dimesinya pun memiliki tugas yang berbeda-beda. Menurut Dennison (2008:1) ada tiga dimensi dan tugas masing-masing dari otak, yaitu:

Pertama, Dimesi Lateralitas

Bila otak kiri dan otak kanan, tapi lebih didominasi oleh salah satu sisi. Kendalanya seperti kesulitan membaca dan bisa menulis terbalik. Solusinya seperti melakukan brain gym dengan 8 tidur (lazy 8). Seperti melakukan gerakan dengan membuat angka delapan. Posisi tangan mengepal dan jari jempol ke atas. Mulai dengan menggerakkan dari kiri ke atas lalu buatlah angka delapan. Pandangan mata perhatikan ibu jari. Fungsinya banyak lho! Di antaranya meningkatkan pemusatan dan melepas rasa tegang pada mata, baha dan tengkuk.

Kedua, Dimensi Pemfokusan

Ketahuilah, dalam otak kita, ada otak depan dan belang, Dimana informasi diserap oleh otak belakang dan diteruskan ke depan sesuai dengan yang diinginkan. Bila ada kendala pada pemfokusan, biasanya ada masalah pada keterlambatan bicara, tidak focus dalam suatu hal bahkan hiperaktif. Nah, brain gym untuk dimensi pemfokusan ini salah satunya adalah gerakan burung hantu. Yaitu urutlah otot bahu kiri dan kanan. Tarik napas saat kepala berada di posisi tengah, lalu hembuskan nafas ke samping atau ke otot yang tegang sambal rileks. Funsinya seperti menyeimbangkan otot leher dan tengkuk, serta menegakkan kepala, dan melepaskan ketegangan akibat stress.

Ketiga, Dimensi Pemusatan

Antara otak bagian atas dan bawah memiliki hubungan dalam urusan informasi, emosional dan abstrak. Jika ada kendala pada dimensi pemusatan maka akan terjadi ketakutan yang tak beralasan, tak mampu merasakan atau menyatakan emosi. Maka brain gym yang cocok untuk tipe ini adalah relaksasi, gerakan tombol bumi, tombol angkasa, dll. Adapun gerakan untuk tombol angkasa adalah letakkan 2 jari Anda ke atas bibir dan tangan lainnya letakkan di tulang ekor. Lakukan selama kurang lebih 1 menit. Hantarkan energy ke arah atas tulang punggung. Fungsinya yaitu membuat tubuh dan otak lebih rileks dan perhatian lebih meningkat.

Selain gerakan-gerakan di atas. Ada juga Streching, Clear, Active dan Positive. Semua hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih fokus, lebih konsentrasi, dan membantu menenangkan pikiran, merangsang otak dalam berkomunikasi, dan meningkatkan daya ingat hingga memperbaiki keseimbangan antara tubuh kiri dan kanan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Yang tak hanya bagus untuk kesehatan otak, tapi juga kesehatan badan!

Informasi penting lainnya, tahukah Anda bahwa selain tubuh, otak juga sangat senang dengan matahari lho? Usahakan setiap pagi, kita mendapat sinar matahari dengan menjemurkan diri di pagi hari. Sembari olahraga, juga sambil memberikan asupan sinar matahari untuk otak. Ingat, olahraga dan kegiatan fisik adalah dua hal yang berbeda. Jika olahraga dilakukan secara teratur dan batasan olahraga adalah denyut nadi. Sedangkan, aktifitas fisik adalah kegiatan yang kadang dilakukan, kadang tidak dilakukan.

Pada akhirnya, tak hanya tubuh saja yang perlu untuk di olahragakan. Tapi otak juga perlu untuk dilatih senam agar tetap sehat dan bisa menjalankan fungsinya dengan sebaik-baiknya. Finally, terima kasih DD & DWS yang telah memfasilitasi acara super menarik ini. Buat Anda, selamat mencoba brain gym ya!



0 comments