Mengenal Internet Marketing dari Blog Aff Moma




Internet marketing yang kini populer di dalam pemasaran digital ternyata juga bisa diterapkan dalam blog. Karenya, tak aneh lagi jika aktifitas blogging kini bukan hanya sekadar menuangkan tulisan, opini atau curahan saja, tapi juga sebagai perantara bagi para blogger yang ingin menambah penghasilan melalui kegiatan internet marketing.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar dari Dyane Dorothy Aurora, seorang blogger wanita yang juga merupakan internet marketer. Sosok yang satu ini biasa disapa sebagai  Rora Gusdo atau Mbak Rora. Disamping itu, ia juga merupakan seorang ibu dari dua putri kecilnya. Namun, dibalik segala kesibukan tersebut, ia tetap gigih berkarya.

Alasan Mbak Rora memilih internet marketing sebagai topik utama blog

Seorang blogger perlu memiliki alasan dan motivasi yang kuat agar selalu menulis dan meciptakan karya yang terbaik. Bagi Mbak Rora, rasa sukanya dalam menulis muncul karena ia ingin mendokumentasikan apa yang ada di pikirannya, sehingga setelah dituang dalam tulisan bisa ia sebar luaskan ke publik. Selain itu, sebagai manusia kita memang harus menulis karena memang kemampuan kita dalam mengingat juga terbatas. Nah, dengan menulis maka kita bisa mengikat semua hal-hal yang diingat dalam pikiran. Adapun jika dengan menulis mendapatkan penghasilan, itu adalah bonus. Apalagi, jika sampai mengerti dan menerapkan internet marketing dalam kegiatan blogging.

Keputusan Mbak Rora menjadi blogger berawal dari dunia internet marketing. Sebab, pemasaran dalam dunia maya sangat erat hubungannya dengan website dan blog. Karena itu, mau tidak mau, Mbak Rora pun merasa perlu untuk memiliki pemahaman lebih terhadap dunia blogging.

AffMoma.com adalah nama blog yang ia kelola dengan kemampuan pemasaran internetnya. Nama itu dipilih berdasarkan dua kata yang dirasa sangat mewakili dirinya. AFF dari kata Affiliate, dimana sejak dulu banyak penghasilan yang mba Rora peroleh dari dari affiliate marketing. Sedangkan MOMA, karena memang status mba Rora sebagai Ibu. Melalui blog ini, ia berharap blog AffMoma dapat memberikan banyak manfaat kepada ibu-ibu yang ingin mempelajari dunia affiliate marketing.

Tidak hanya membahas  tentang affiliate marketing,  AffMoma juga mengulas topik-topik tentang blogging dan bisnis online. Tak hanya itu, Mbak Rora juga kerap berbagi kisahnya sejak pertama kali berpetualang di dunia maya. Keinginannya untuk berbagi  wawasan mengenai internet marketing disebabkan karena topik ini  belum banyak diketahui oleh ibu-ibu blogger di Indonesia. Selain itu, ia juga berpikir bahwa internet marketing bisa dimanfaatkan sebagai  jembatan untuk memasarkan isi tulisan dalam blog.

Pentingnya internet marketing bagi blogger

Internet marketing sendiri secara umum adalah kegiatan memasarkan sesuatu melalui internet. Pembahasan mengenai topik ini memang luas, namun biasanya, ada beberapa hal utama yang menjadi pembahasan pokok, yakni bagaimana kita melakukan riset; produk apa yang laris dijual dan banyak permintaannya; dari mana kita bisa memperoleh produk tersebut; dan yang terakhir bagaimana cara kita memasarkannya di internet, entah melalui cara yang gratis (SEO atau social media), atau dengan cara berbayar (pasang iklan di Google, Facebook, atau Instagram, dsb).


Bagi Mbak Rora Gusdo, Internet marketing penting untuk dipelajari baik oleh blogger. Sebab, blogger sendiri perlu memahami bagaimana cara agai ia dapat memasarkan blognya. Belum lagi, jika blogger tersebut menjalankan bisnis melalui blognya. Bahkan, sebuah konten dari blog pun adalah sesuatu yang bisa dijual. 

Dengan memahami internet marketing, kita dapat dengan mudah menjual apa yang ingin kita jual. Mulai dari mengetahui konten apa yang sekarang sedang digemari pembaca, bagaimana cara mempromosikannya, kanal mana yang paling efektif untuk pendistribusian konten, dan mengelola daya tarik blogmu.

Agar hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan mulus, ternyata kamu perlu mengumpulkan  database pelanggan dan membuat funnel supaya promosinya menghasilkan lebih banyak konversi. Nah, semua strategi itu dapat dipelajari dalam dunia internet marketing.

Untuk membantu mengumpulkan informasi database, blogger wanita yang satu ini memanfaatkan jasa autoresponder. Fasilitas ini merupakan hal yang penting baginya, karena mengumpulkan database dirasanya sebagai suatu hal yang krusial bagi blogger.


Keuntungan memahami internet marketing dalam blogging



Banyak pengalaman  menarik yang Mbak Rora dapatkan selama menjalani internet marketing, salah satunya adalah ketika ia mendapatkan cek pertama dalam bentuk dolar sekitar tahun 2006-2008.  Mbak Rora merasa bahwa pada waktu itu, masih belum banyak perempuan yang bergelut dalam bidang internet marketing.

Jumlah yang ia dapatkan waktu itu adalah sekitar $1700-an, yang didulang hanya dalam waktu 2 mingguan. Tentu saja, hal itu menjadi ‘AHA moment’ bagi sosok blogger yang satu iniIa tak menyangka bahwa mendapatkan dolar dari internet bisa dilakukan meskipun hanya dari rumah saja. Sejak itulah, mba Rora semakin bersemangat untuk mempelajari internet marketing dan dunia blogging.

Untuk meningkatkan performa blogging-nya, Mbak Rora juga menggunakan beragam tools yang bertebaran di internet, seperti untuk melakukan riset kata kunci. Hingga kini, Mbak Rora sudah mendapatkan sangat banyak topik untuk ditulis dengen memanfaatkan tools digital untuk mencari  keyword yang sedang ngetren.

Di samping itu, keseriusannya dalam blogging bahkan ditunjukkan dengan penggunaan themes premium untuk blog-blognya. Selain itu, foto-foto premium juga ia dapatkan dengan berlangganan dari beberapa penyedia jasa. Bahkan, tak lupa ia tambahkan beberapa plugin yang ia rasa penting untuk dipasang pada blog.

Tips belajar internet marketing dari Mbak Rora

Sebagai pemilik dari blog Aff Moma, ke depannya Mbak Rora berkeinginan untuk lebih sering menulis dan berbagi di blognya. Sehingga tulisan-tulisan tersebut dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mendalami dunia blogging dan internet marketing. Sebab , sesuai harapannya, ia ingin agar teman-teman blogger lainnya bisa berpenghasilan lebih besar jika mau mempelajari beberapa hal tentang internet marketing.



Nah, untuk kamu yang ingin mempelajari tentang dunia internet marketing atau affiliate, Mbak Rora berbaik hati lho, membagikan tipsnya. Penasaran, kan? Yuk, lanjutkan membaca.

Pertamamencari seorang mentor. Karena berdasarkan pengalaman Mbak Rora, kemungkinan berhasil dalam suatu bidang akan lebih besar apabila kita memiliki seorang guru yang dapat membimbing dan memberi tahu kita jalan mana yang tepat untuk kita ambil. Hal tersebut bertujuan agar kita bisa mencapai goal yang diinginkan. Biasanya itu menjadi shortcut penting daripada kita mempelajari sendiri dari Google secara otodidak.

Kedua, bergabunglah dengan komunitas yang ada. Mengapa harus bergabung? Sebab secara tidak langung akan membuat kita merasa memiliki banyak teman seperjuangan. Sehingga membuat kita lebih semangat apabila hasil yang didapat belum sesuai dengan harapan.

Terakhir, sesuai dengan quote dari Steve Jobs, "Stay Hungry Stay Foolish". Jangan merasa paling pandai dan paling mengetahui semua hal sehingga tidak ada keinginan untuk belajar dan memperbaiki diri. Tetap terus belajar, karena perkembangan ilmu pengetahuan itu sangat cepat dan tidak terbatas.

Enggak ada alasan lagi kan bagi kamu untuk menunda-nunda mempelajari internet marketing? Kalau mba Rora aja bisa, kamu juga pasti bisa, kok!













0 comments