Panduan Berbisnis di Media Sosial


"Dear, kaum wanita, kamu pilih mana?  Berbisnis atau bekerja?"

Yang A mungkin menjawab, "Saya sih mending kerja. Tinggal ikut prosedur kerja aja. Kalau bisnis ngga paham soalnya!"

Yang B mungkin mengelak, "Saya akan pilih berbisnis. Selain enak, dengan berbisnis saya juga masih bisa memiliki waktu yang fleksibel dan tetap bisa berpenghasilan walaupun hanya di rumah."

Apapun jawabannya, apapun keputusannya, semua berhak untuk Anda pilih. Namun, tidak ada salahnya jika seorang wanita bisa belajar, memahami dan mulai mempraktekkan untuk berbisnis di era digital ini.
 
 ***

Womenwill by Google Indonesia,  mempersembahkan sebuah konferensi yang menarik khusus untuk kaum wanita. Acara ini tidak memungut biaya sepeser pun. Sebab acara ini memang dibuat untuk memberikan edukasi kepada para wanita agar bisa berbagi pengetahuan dan belajar tentang bagaimana media digital  bermanfaat untuk berwirausaha hingga bisa mengembangkan bisnis? 

Tepatnya, acara ini digelar pada Minggu, November 2018, pukul 15.30 – selesai. Bertempat di Aston Imperial Bekasi Hotel & Conference Center, Bekasi, Jawa Barat. Jl. KH. Noer Ali, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan. Women will sendiri menyuguhkan materi tentang social media untuk usaha anda (seperti: pentingnya media social untuk usaha anda, media social yang tepat untuk usaha anda, media social dan kekuatannya). Ada juga materi tentangp entingnya pemasaran lewat digital (mari belajar bagaimana melakukan pemasaran efektif di era digital saat ini melalui saluan  digital, dan bagaimana hal tersebut dapat membantu mengembangkan usahamu).

Cus, kita langsung aja!

Panduan Berbisnis di Media Sosial

Sebagai seorang entrepreneur dan calon-calonentrepreneur, kita harus menguasai panduan tentang gimana cara berbisnis di sosial media. Nah, tahukah Anda bahwa interaksi di medsos adalah salah satu jalan yang sangat penting. 

Mengapa interaksi itu penting? Agar para pelanggar lebih dekat dengan brand/produk kita, Sehingga kita bisa meningkatkan pelayanan dengan lebih mengerti kebutuhan pelanggan.

Ada 4 interaksi dengan pelanggan secara umum, yaitu:


 Bertanya - Memberikan masukan - Kepuasan - Komplain

Pentingnya interaksi, juga sepenting bagaimana kita bisa mengedukasi pelanggan. Maksudnya adalah dengan mengedukasi pelanggan tentang produk kita, maka pelanggan akan semakin mengetahui informasi produk, bertambah keyakinan untuk membeli produk yang kita jual.

Terus, ka mimin, bagaimana sih cara kita mengedukasi pelanggan?

1. Posting konten yang mengedukasi sehingga bisa meningkatkan pengetahuan pelanggan. Efeknya,  kepercayaan pelanggan pun akan meningkat, sehingga akan berimbas kepada  peningkatkan penjualanproduk/jasa kita.

2. Menawarkan promosi/event. Dengan menawarkan promosi/event maka diharapkan pelanggan akan merasa minat atau tertarik untuk membeli produk, yang akhirnya akan meningkatkan penjualan produk kita.

Berikut Beberapa Media Sosial yang Tepat untuk Usaha Anda:



a. Youtube   : membuat video durasi panjang, siaran langsung (livestream)
b. Instagram : membuat foto, video pendek, instagram story, siaran langsung (live stream)
c. Facebook membuat update singkat, berbagi info di dinding (wall post) album, foto review
d. Blog         : membuat artikel detail, koleksi foto atau video, review panjang
Contoh media social untuk berbagai jenis usaha:

Jenis usaha

You tube
Instagram
FB
Blog
Makanan + minuman
Y
Y
Y

Fashion
Y
Y

Y
Kerajinan tangan

Y
Y
Y
Kesehatan + kecantikan
Y
Y

Y


Apa yang bisa dilakukan di youtube dalam berbisnis?
Di antaranya adalah membuat  kanal   youtube untuk produk Anda, pelanggan dapat mengikuti kanal youtube melalui tombol “subscribe”, dapat membuat playlist untuk menyesuaikan video sesuai tema, dapat memposting berbagai macam jenis video seperti review produk terbaru, sampai video testimonial pelanggan.


Apa yang bisa dilakukan di instagram dalam berbisnis?
Di antaranya adalah membuat akun instagram produk anda, pelanggan dapat mengikuti akun instagram melalui tombol “follow”, dapat membuat video pendek 15 detik dengan fitur “instagram story”, dapat memposting berbagai macam jenis konten, seperti foto produk, tips atau quote. Dapat menyukai foto anda dengan tombol "like”.



Apa yang bisa dilakukan di facebook dalam berbisnis?
Di antaranya adalah membuat akun instagram produk anda, pelanggan dapat mengikuti akun instagram melalui tombol “follow”, dapat membuat video pendek 15 detik dengan fitur “facebook story”, dapat memposting berbagai macam jenis konten, seperti foto produk, tips atau quote. Dapat menyukai foto anda dengan tombol "like”.

Apa yang bisa dilakukan di blog dalam berbisnis?
Di antaranya adalah menulis review panjang dan detail mengenai produk atau tempat, dapat menulis artikel panjang , misalnya mengenai update terbaru produk anda, atau tips dan trik untuk pelanggan, dapat memasukkan koleksi foto atau video ke dalam artikel yang anda tulis, dapat menaruh video yang terhubung dengan kanal youtube anda.

Bagaimana Cara Mempelajari Target Market di Media Sosial? 

Dengan cara memahami karakteristik target market, membuat konten yang tepat sasaran. Maka target market menyukai konten media sosial anda dan target market pun akan membeli produk anda.
Bagaimana Cara  Mengidentifikasi  Target Market di Media Sosial?

Identifikasikanlah demografi  target market anda melalui: Jenis kelamin (cth. Perempuan/laki-laki), umur (cth 15-25 tahun), pekerjaan (cth: pelajar, pekerja kantoran).
Setelah mengidentifikasi demografis target market. Anda dapat lebih jauh memahami karakteristik target market anda. Seperti: gaya bahasa yang digunakan, brand favorit yang target market ikuti, konten favorit yang menarik, media sosial  yang paling sering digunakan,dan sebagainya.

Nah, pada dasarnya dalam berbisnis di media sosial, kita harus membuat konten yang  efektif. Sebab, konten media sosial yang efektif dapat membantu menambah pengetahuan untuk pengikut mengenai produk Anda, memposisikan produk Anda sesuai  target market, sehingga akan mempercepat bangunnya interaksi dan hubungan dengan pelanggan. 

Banyak ya, isi materinya? Iyap! 
Tapi semua ilmu di atas tak akan berguna bila Anda tidak mencoba untuk mulai mempraktekannya.

Jadi, tunggu apalagi? Mulailah untuk mencoba dari sekarang, Girl

Sumber: Materi WomenWill by Google Indonesia

0 comments