5 Hal yang Ingin Dilakukan di Tahun 2019


Hai, semua!
Ngga kerasa ya, sekarang sudah tiba di bulan Desember aja. Perasaan baru kemarin deh, awal tahun. Eh, tahu-tahu hampir tiba di penghujung tahun 2018 M. Secepat itu ya waktu berlalu. Yang kemarin  baru saja masuk masuk sekolah, eh ngga terasa sekarang sudah mau liburan semester saja, ya? Yang tahun lalu masih menyandang gelar JOFISA, eh tahun ini ternyata sudah jadi alumni. Hehehe.

Biasanya nih, menjelang pergantian tahun, banyak orang-orang yang membuat daftar resolusi agar di tahun berikutnya ia memiliki target atau pencapaian yang bisa diraih di masa itu. Perihal resolusi seperti yang kebanyakan milenial lakukan, tentu dalam hati pun ada beberapa hal yang juga saya harapkan agar bisa diwujudkan di tahun depan. Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala berkenan memberikan kesempatan sehat, panjang umur dan waktu luang untuk saya, keluaga, dan kita semua ya. Aaamiin.

Berbicara tentang hal yang ingin dilakukan. Ada beberapa hal yang masuk kategori privasi dong. Namun, jangan sedih,  saya akan berbagi tentang  5 hal umum yang ingin saya lakukan di tahun 2019. Siapa tahu bisa menginspirasi teman-teman juga, kan?

1. Semakin Rajin Ngeblog

Mengenal blogging beberapa tahun lalu, justru bukan karena minat dan keinginan diri sendiri tapi karena tugas dari sekolah. Jujur, waktu itu gaptek banget tentang dunia blogging. Jadi setengah hati gitu deh ngeblognya juga. Kalau ada tugas, baru diisi. Kalau ngga ada, yowes itu blog kalau ibarat barang udah berdebu kali, saking ngga disentuh-sentuh. Hehehe. Maklum, selain gaptek, saya juga terbiasa menulis untuk konsumsi sendiri. Alias ditulis tapi untuk dibaca sendiri, wkwkwk. Bukan untuk dilihat apalagi sampai dikonsumsi publik. 

Lucu ya? 

Tapi lain dulu, lain sekarang dong.  Sekarang justru lebih suka kalau tulisannya dibaca orang. Apalagi kalau disukai dan bermanfaat untuk publik. Alhasil, beberapa bulan terakhir ini ngeblog jadi kegiatan yang paling menyenangkan. Bahkan bisa galau bin andilau kalau ngga nulis barang sehari. Jiayahaha.Yang bikin senengnya lagi, kalau ada pembaca yang meninggalkan jejak di kolom komentar. Kode keras banget ya? Hehehe. Semoga, di tahun 2019 semakin rajin ngeblog dan bisa melahirkan tulisan yang menginspirasi untuk para pembaca.
 

2. Menerbitkan Buku Solo

Entah ini resolusi dari tahun berapa, tapi masih saja masuk daftar hal yang ingin dilakukan di tahun depan, 2019. Pengalaman perdana untuk menulis buku, Alhamdulillah pernah saya alami semasa nyantri beberapa tahun silam, sekitar 2012. Setelah itu, saya berusaha juga berdoa semoga di tahun-tahub berikutnya saya bisa menerbitkan buku solo. Biidznillah, semoga tahun 2019 bisa terwujud. Aamiin. 

3. Mengembangkan Bisnis

Tiga tahun terakhir, saya mulai terjun di dunia perdagangan. Dari mulai berjualan gamis, kerudung, baju koko, hingga perlengkapan shalat pernah saya lakukan. Bahkan beberapa bulan terakhir, saya pernah menjual produk makanan ringan. Awalnya, saya malu abis, malu banget saat harus berjualan. Maklum, suka ngga pede gitu kalau ketemu orang baru terus nawar-nawarin dagangan. Hehehe. Tapi sekarang, malah ketagihan. 

Selain mendapat profit, berjualan juga membantu kita mengatasi rasa kepercayaan diri juga komunikasi dan melatih untuk mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan. Tahun 2019, saya ingin agarbisa fokus untuk berbisnis tak hanya online tapi juga offline. Syukur-syukur bisa membuka peluang pekerjaan untuk orang lain. Bismillah.
 

4. Bisa Travelling ke Tempat-tempat Impian

Selain hobi baca dan nulis, beberapa tahun terakhir saya merasa jalan-jalan itu masuk ke daftar hobi. Tak hanya menyenangkan hati dan membuat rileks pikiran, travelling alias jalan-jalan juga bisa membuat kita semakin mengenal lingkungan dan alam yang ada. 

Betapa Kemahaan-Nya, seharusnya membuat kita bertafakkur dan semakin membuat dalam rasa cinta kita kepadaNya. Karena Dia lah, kita bisa melihat pantai-pantai yang indah. Karena kebesaranNya pula, gunung-gunung yang gagah berdiri. Karena kekuasaannya juga banyak pesona alam yang terbentang luas di muka bumi. Semoga, tahun depan, saya bisa travelling ke tempat-tempat impian bersama keluarga juga teman.
 

5. Mendirikan Perpustakaan Mini

Meskipun mengaku doyan baca. Sejujurnya, saya suka sedih gitu. Karena beberapa buku koleksi saya justru tidak dikumpulkan di tempat khusus. Jadi suka repot gitu kalau mau baca, karena harus cari-cari dulu barangnya dimana. Tahun depan, saya berharap semoga saya bisa membeli lemari atau rak khusus untuk koleksi buku-buku sehingga bisa menyulapnya menjadi perpustakaan mini. Hehehe. Kalau sudah rapih dan layak, semoga bisa dibuka untuk warga di lingkungan rumah. Aaamiiin.

Sesuai challenge dari BPN, itulah 5 hal yang masuk ke daftar "Hal yang ingin dilakukan di tahun 2019".  Tentunya tak hanya ini,  tapi masih banyak lagi. Tapi yang paling penting, semoga saya bisa menjadi manusia yang lebih baik, yang bisa menyenangkan hati orang lain dan memberikan manfaat untuk sesama. Aaamiin.

Nah, kalau kamu apa yang ingin dilakukan?




0 comments

HUT Bukalapak