5 Kebahagiaan Sederhana yang Patut Disyukuri

bahagia
Sebagai manusia, setiap dari kita tentu ingin menjadi orang yang bahagia. Ingin merasakan kenikmatan. Ingin merasakan ketenangan. Ingin merasakan kesenangan. Begitulah, hal mutlak yang setiap orang ingin memilikinya; kebahagiaan.

Nyatanya, kebahagiaan itu bersifat relatif  untuk tiap individu. Ada yang menerjemahkan kebahagiaan adalah saat memiliki harta melimpah ruah. Ada yang menilai kebahagiaan adalah saat memiliki jabatan tinggi. Ada yang beranggapan kebahagiaan adalah hidup bersama orang yang kita cintai. Ada juga yang berpendapat bahwa kebahagiaan adalah apa yang membuat kita merasa senang saat memilikinya.

Apapun makna yang tersirat dan tersurat di dalamnya, kebahagiaan adalah hal yang bisa membuat hati senang. Walaupun, setiap orang memiliki pandangannya masing-masing tentang kebahagiaan itu.

Perihal kebahagiaan yang telah kita semua rasakan, kita semua dapatkan, tentunya ada "sosok" yang berperan dibalik itu semua. Ada Dia yang mengatur sedemikian rupa agar hamba-hambanya bisa merasakan kebahagiaan. Maka, sewajarnya lah kita bersyukur atau berterima kasih kepadaNya.

Dari semua penjabaran di atas. Kebahagiaan tidak melulu soal harta, tahta, jabatan, pasangan juga gelar kehormatan. Kebahagiaan bisa kita dapatkan meski dari hal-hal sederhana. Yang boleh jadi, kita sering meremehkannya.

1. Berkumpul Bersama Keluarga

"Harta yang paling berharga adalah keluarga. Istana yang paling indah adalah keluarga." Ada yang pernah dengar lirik lagu di atas? Meskipun hanya sebuah lirik, kata-kata tersebut 100% nyata. Keluarga adalah hal paling berharga dalam hidup kita. Bahkan keberadaan keluarga tak ternilai walau harus ditukar mutiara sekalipun. Tanpa ada orang tua, tanpa ada saudara, hidup ini jelas hampa. 

Maka bersyukurlah bagi kita yang diberikan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga. Jangan remehkan kebahagiaan yang satu ini. Karena betapa banyak di luar sana yang menangis-nangis dan mengiba kepada Pencipta agar bisa berkumpul bersama keluarga. Orang-orang yang mereka cintai.

2. Kehadiran Orang-orang yang Dicintai di Moment Spesial

Ini masih ada kaitannya dengan  point pertama. Kita sering kali abai dengan keberadaan atau kehadiran orang-orang yang kita cintai. Padahal, mereka adalah sumber kebahagiaan kita. Apalagi di moment spesial seperti kelulusan sekolah yang dihadiri oleh orang-orang yang kita cintai, itu merupakan salah satu kebahagiaan yang tak bisa dinafikan. Karena kebahagiaan yang paling membahagiakan saat kita didampingi oleh orang-orang spesial untuk hari yang spesial. Sepakat?

3. Memiliki Tempat Tinggal yang Layak

Beryukur sebanyak-banyaknya jika kita masih tinggal di tempat yang layak, seperti rumah. Mungkin bagi sebagian orang, rumah atau tempat tinggal bukanlah kebahagiaan. Tapi bukankah dari rumah sumber kebahagiaan itu berasal? Di sanalah tempat orang-orang yang kita cintai menetap, berteduh dan beraktivitas. Maka bersyukurlah kepada Yang Maha Esa bila kita memiliki tempat tinggal yang layak dihuni. Karena betapa banyak orang-orang di luar sana yang menetap di tempat yang jauh dari kata layak. 

4. Mendapat Perhatian

Sebagai makhluk sosial, kita butuh interaksi dengan orang lain, bukan? Hal ini membuat kita untuk aktif berkomunikasi dan bersosialisasi sebaik mungkin dengan sesama. Dalam sosialisasi, perhatian antara satu dengan yang lain seakan menjadi tali yang mengikat diantara kedua pihak. Maka jelaslah, bila perhatian dari orang lain menjadi kebahagiaan yang sepatutnya kita syukuri.

5. Memiliki Teman-teman yang Baik

Selain tinggal di lingkungan yang baik, setiap orang tentu berkeinginan memiliki teman-teman yang baik, yang jelas menyayanginya dengan tulus. Ini juga menjadi bentuk kebahagiaan yang tak bisa dilukiskan. Bagi saya pribadi,  dikelilingi teman dan sahabat yang baik, yang peduli, yang sayang dengan tulus kepada saya, itu adalah suatu bentuk kebahagiaan. 
 
Dari semua hal di atas, tentu masih banyak lagi aneka bentuk kebahagiaan yang tak bisa dijabarkan. Apapun kebahagiaan menurutmu, percayalah bahwa kebahagiaan yang sejati adalah saat kita bisa dan mampu memberikan kebahagiaan untuk orang lain. Oya, satu lagi, jangan lupa bersyukur atas segala kebahagiaan yang telah kita dapatkan.



0 comments

HUT Bukalapak