Target Blogging Tahun 2019



"Target lulus kuliah kapan?"
"Target di masa depan apa?"

Dan..
"Target nikah kapan?"

(Uhuk.. Uhuk)

Biasanya 3 pertanyaan di atas yang sering dilontarkan dari lisan insan (terdekat) kepada saya. Pertanyaan yang masuk ke kuping dan (cukup) membekas ke hati. Huahaha. 

Alhamdulillah, kali ini beda. Blogger Perempuan Network mengharuskan saya untuk menjawab target blogging  di tahun mendatang, 2019. 

Tentunya, sembari menulis target ngeblog di tahun berikutnya. Sembari saya berdoa, semoga Allah Ta'ala berkenan memberikan saya, keluarga dan teman-teman semua umur panjang lagi sehat wal'afiyat. Aaamiiin.

Ekhem, baiklah saya akan menjawab target blogging di tahun 2019 yaitu:

1. ODOP

ODOP alias One Day One Post. Saya kurang update juga sih ada ngga ya kira-kira komunitas yang bisa membuat saya untuk maraton ngeblog? Biar rajin ngeblog dan posting every day. Tanpa alasan dan tanpa hambatan. Setiap hari posting tulisan di blog, ini jadi target saya di masa mendatang. Semoga saja benar-benar terwujud! 

2.  Belajar SEO Lebih Dalam

Katanya, ngeblog sekarang harus paham dan mahir tentang SEO. Bicara SEO, dia bukan makanan atau merk pakaian ya. Hehehe. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Yang mana melalui SEO ini blog atau situs web kita akan terindeks oleh mesin pencari secara murni. Tanpa bayaran, apalagi iklan. Pastinya dengan menerapkan SEO ini, blog atau situs kita bisa berada di posisi teratas pada mesin pencari.

Nah sekarang, zamannya semakin canggih. Kalau kita ngga berusaha untuk mempertajam wawasan, siap-siap kita bisa ketinggalan. Kan, kalau ketinggalan ngga enak? Huhu. Untuk itu, tahun depan saya akan belajar SEO lebih dalam.

3. Aktif Belajar dan Bergaul dengan Komunitas Blogging

Saya percaya kok, lingkungan itu memberikan dampak yang besar bagi diri kita. Kalau mau mahir dan pandai dalam sastra, maka bergaullah dengan para sastrawan. Kalau mau pintar ilmu agama, bergaul dan belajarlah bersama alim ulama atau para ustadz/ah. Nah, kalau ingin pandai dalam ilmu blogging, maka bergaullah dengan para blogger di berbagai komunitas untuk para blogger.

Sejauh ini, baru 2 komunitas yang saya ikuti. Padahal, saya tahu masih banyak sekali komunitas yang bisa diikuti para blogger di luaran sana. Selain meningkatkan wawasan, bergaul dengan para blogger juga sebagai ajang silaturahim. Tambah ilmu, juga tambah kawan! Mantap!

4. Meningkatkan Interaksi dengan Para Pengunjung di Blog

Saya sadar, pengalaman blogging saya masih jauh dari para mastah. Banyak hal yang menjadi PR bagi saya pribadi. Termasuk soal kurangnya interaksi dengan para pengunjung. Bukannya apa, soalnya yang ninggalin jejak atau komentar juga bisa kehitung jari sih. Maunya sih di tahun 2019 mendatang, saya lebih aktif untuk membangun interaksi yang baik kepada para pengunjung atau pembaca setia. 

Yo, makanya itu untuk kamu yang kepalang basah baca tulisan ini. Bisa dong tinggalkan jejak baik komentar, kritik, saran, or just say hello juga boleh! Hehehe. Santai aja. Ngga usah malu. Saya ngga galak kok! Hehehe. (Maksa banget!)

5. Memperbaharui Estetika Blog

Salah satu hal yang ingin saya lakukan dan menjadi target saya di tahun 2019 adalah ingin memperbaharui estetika atau tampilan blog. Sejauh ini sih saya memang nyaman dan suka dengan tampilan blog yang sekarang. Soalnya bernuansa biru. Dan itu kesukaan saya! Hehehe. Tapi, saya merasa belum puas dengan tampilan yang sekarang. Nanti kalau tahu mana yang perlu dirubah dan atau di make over, akan saya perbarui. 

Alhamdulillah, selesai juga challenge 2018 dari Blogger Perempuan Network. 
Sebagai manusia, saya mohon maaf bila ada tulisan atau kata-kata yang kurang berkenan tertuang tanpa sengaja atau sengaja dan muncul di postingan ini atau sebelum-sebelumnya.

Pastinya, setelah mengikuti challenge ini, saya semakin semangat karena trafik blog lumayan meningkat. Hohoho. Juga, senang karena ada beberapa rekan blogger yang berkunjung dan meninggalkan jejaknya di kolom komentar. 

Sampai jumpa di postingan selanjutnya. See u! 






0 comments

HUT Bukalapak