Berdoa dan Mendoakan

berdoa


Tahukan sahabat bahwa doa itu dapat merubah takdir?

Jika awalnya takdir kita adalah A, namun  karena kita rutin dan rajin untuk berdoa, maka kemungkinan bisa merubah takdir sebelumnya.

Sebab itu, mari kita perbanyak berdoa. Mohonlah apapun yang kita ingin. Pintalah apapun yang kita harap. Serta doakan juga orang lain di dalamnya. Jadi seimbang, antara berdoa dan mendoakan sesama.

Sebagai contoh, kita berdoa kepada Allah agar diberi pekerjaan yang baik dan halal. Di waktu yang sama, kita juga doakan agar orang lain, baik keluarga, teman atau siapapun yang belum mendapat pekerjaan, diberikan pekerjaan yang baik juga.

Contoh lainnya, saat kita mendapatkan kesusahan dan meminta kepada Allah diberikan keringanan. Maka kita juga meminta agar Allah memberikan kemudahan dan keringanan untuk orang lain yang sedang ditimpa kesulitan.

"Ya Rabbi, saat ini hamba sedang mendapatkan kesulitan. Hamba tak tahu kemana lagi harus berbuat apa. Segala upaya dan ikhtiar sudah hamba kerahkan semampu hamba. Ya Rabbi, kepada siapa lagi hambamu yang lemah, hina dina ini mengharapkan bantuan jika bukan kepadaMu. Bantulah hamba Ya Rahman. Bantulah juga keluarga, saudara juga kaum muslimin muslimah yang saat ini mendapatkan kesusahan. Mohon ringankan bebanNya Ya Rabb. Mohon mudahkan juga urusanNya. KepadaMu lah Ya Rahman Ya Rohim kami mengharapkan pertolongan.."


Mendoakan orang lain tidak akan membuat kita rugi. Mendoakan orang lain tak akan membuat kita susah. Mendoakan orang lain tak akan membebani hidup kita. Justru mendoakan orang lain adalah hal terbaik. Merekatkan hubungan persaudaraan sesama muslim. Sekaligus sebagai bentuk peribadatan yang terpuji.

Manakala berdoa artinya kita meneguhkan hati bahwa hanya kepada Allah kita meminta. Bahwa hanya kepadaNya kita memohon pertolongan. Sebab sebaik-baik penolong hanyalah Dia, Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Allah Ta'ala berfirman, yang artinya: "Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) mereka yang yakin bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."
(QS.Al-Baqarah: 45-46)

Maka, mari kita lantunkan doa terbaik, doa terindah, doa setulus-tulusnya tak hanya untuk diri sendiri. Tapi juga turut mendoakan orang lain di dalamnya.

Semoga Allah senantiasa memberikan hidayah dan taufiknya untuk kita semua.

Aaamiiin.

Wallahu'alam.

0 comments

HUT Bukalapak