Ahli Surga Bisa Saling Berkunjung

Teriring salam dan doa, semoga rahmat dan kasih sayang Sang Khaliq selalu menyertai kita semua. Setiap muslim pasti berharap menjadi hamba Allah yang bertaqwa, kemudian di wafatkan dalam keadaan husnul khatimah. Mengapa demikian? Karena tiap-tiap jiwa menginginkan berharap menjadi salah satu penghuni surga.
Berikut adalah salah satu kenikmatan yang didapatkan didalam surga.


Dikutip dalam sebuah buku yang berjudul "Menyingkap 110 Misteri Alam Kubur" karangan Salim H.J. disebutkan bahwa didalam surga penghuninya bisa mengunjungi teman-temannya, kaum kerabatnya maupun saudaranya-saudaranya sewaktu didunia. Dan mereka bisa bercerita panjang lebar tentang pengalamannya maupun nostalgianya ketika masih hidup di dunia. Tentunya yang bisa mereka kunjungi adalah kaum kerabat atau sudara yang seiman dan selamat dari api neraka.

Kunjungan ahli surga ini merupakan hal yang sangat menarik, karena dapat membuka buku catatan perjalanan hidup mereka semasa hidupnya.
Sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah saw : ketika sudah menetap penguni surga didalam surga, lalu tumbuh keinginan hati untuk bertemu saudaranya yang lain, maka berjalanlah ranjangnya ke tempat ranjang saudaranya. Lantas keduanya  bertemu dan berbincang-bincang apa yang terjadi diantara keduanya ketika hidup di dunia. Maka berkatalah salah satunya :" Wahai saudaraku, apakah engkau  masih ingat hari begini, ditempat begini?" Selanjutnya keduanya berdoa pada Allah Azza Wajalla. Semoga Allah mengampuni kita."

Hasan Al-Basri berkata : Ahli surga itu memiliki kuda dan unta yang berkilauan cahayanya, pelana dan gigi binatang tersebut dari yakut, mereka saling mengunjungi didalam surga. (1)

Ahli surga yang saling mengunjungi ini  merupakan suatu kenikmatan tersendiri, mereka bisa melepaskan rasa rindunya dan kasih sayangnya kepada orang yang dicintainya selama hidupnya di dunia. Diantara mereka tidak ada rasa iri dan permusuhan, mereka duduk saling berhadap-hadapan dengan penuh kebahagiaan.

Seperti yang dijelaskan oleh Allah dalam firmanNya:
Quran, Surah Al-Hijr, Ayat 47


"Dan kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan diatas dipan-dipan." (QS. Al-Hijr : 47)

Kita selalu mengimpi-impikan didalam surga nanti bisa bertemu dan berkumpul dengan seluruh anggota keluarga, teman, saudara dan kaum kerabat. Semoga keinginan ini dapat tercapai. Aamiin.
Wallahu'alam.

(1) Ihya Ulumuddin. Jilid IV. hal : 3013

0 comments