Shalat Apa Saja yang Membuat Berat Orang Munafik?

Shalat adalah kewajiban bagi seluruh muslim dan muslimah. Shalat juga merupakan tiang agama. Shalat jugalah yang pertama kali akan dihisab oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Meskipun suatu kewajiban, namun ada dua shalat yang mana akan terasa berat bagi orang munafik. Shalat apa sajakah itu? Simak kelanjutannya.

Dalam hadist disebutkan, dari Abu Hurairah radhiallahu‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya: “Tidak ada shalat yang lebih berat bagi orang munafik selain dari shalat subuh dan shalat isya. Seandainya mereka tahu keutamaan yang ada pada kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walau sambil merangkak.” (HR. Bukhari no. 657)
Sahabat, sebenarnya apa sih yang membuat seseorang merasa berat melaksanakan shalat? Apa karena terlalu sibuk bekerja? Asik dengan tayangan tivi? Keasikan main game? Keseruan bersosmed ria? Atau malah sedang enak-enaknya tidur?

Wahh bahaya…Jangan sampai kita menyepelekannya. Manakala kita terlalu sering mengabaikan hal-hal baik tentu cepat atau lambat hati kita akan meniadakan segala amal sholeh lainnya. Termasuk shalat. Jangan sampai kita menunda bila waktunya telah tiba. Pun jangan dibiasakan bermalas-malasan dalam beribadah. Terkhusus untuk dua shalat ini, subuh dan isya. Tentu kita semua pasti tidak ingin termasuk dalam golongan orang-orang yang munafik bukan?

Nah sekarang apa aja sih sifat orang munafik ketika shalat. Diantaranya ia shalat dalam keadaan berdiri dengan malas, merasa berat, berbuat riya, dan hanya mengingat Allah dengan sedikit. Seperti dalam Al-qur’an, Allah Swt telah berfirman, artinya: “Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan mereka mengingat Allah kecuali sedikit.” (Qs. An-Nisa: 142)

YaAllah, Astagfirullah
Patut dipertanyakan rasanya jika kita mengaku muslim tapi untuk shalat saja bermalas-malasan. Padahal bukan Allah yang butuh kita. Kitalah yang amat sangat membutuhkan Allah untuk diri kita. Jadi jangan sampai ya kita bermalas-malasan dan merasa berat untuk shalat lima waktu, termasuk subuh dan isya.
Semoga Allah Swt memberikan taufik serta hidayahNya untuk kita semua. Aamiin.

Source: Berbagai sumber

Noted: Penulis memohon maaf apabila ada banyak kesalahan, silahkan berkomentar jika ingin mengoreksi. Oya, tulisan ini juga dimuat di aplikasi pemuda kahfi. bit.ly/pemudakahfi. Yang belum download aplikasinya jangan nyesel nanti karena belum download. hehe. Yuk mari download aplikasi pemuda kahfi, installnya sekali. Menginspirasinya berkali-kali. ^^

0 comments