Sharing Session: Bacpaker Traveling Stories (Part II)


Halo para pencinta travel Indonesia. Terimakasih untuk kesabarannya menunggu lanjutan dari Sharing Session: Bacpaker Traveling Stories. Oya, untuk kalian yang belum baca part I, ada baiknya kalian baca dulu tulisan sebelumnya ya. Klik disini.

Setelah melewati arung jeram dari kisah perjalanan travel om Dody Johanjaya.  Masih ada lagi nih yang akan berbagi tentang travel. Narasumber adalah salah satu member dari KitaINA. By the way, yang belum tahu KitaINA itu apa, thor akan berbaik hati untuk berbagi kepada rekan semua apa sih KitaINA itu?

KitaINA merupakan salah satu platform blogger tentang travel di Indonesia. Wadah yang pas banget untuk sobat yang hobby travel plus suka nulis. Lewat KitaINA, kalian bisa berbagi cerita tentang indahnya Indonesia. Mulai dari pantai, laut, gunung bahkan pulau-pulau cantiknya. Pastinya dengan tulisan yang menarik akan menginspirasi banyak orang. Semakin banyak yang terinspirasi, semakin besar pula minat masyarakat untuk berwisata ke tempat wisata tersebut. Itu juga proses edukasi agar semua orang tahu,  melek, dan sadar bahwa Indonesia is amazing. Luar biasa indah. Bahkan, kaya akan sumber daya alamnya. Masya Allah ya gais 💗

Mengutip dari laman kitaina.id, ternyata KitaINA tidak serta merta dibentuk gitu aja. Bukan pake mantra bim salabim kaya di tivi guys. KitaINA dibentuk atas dasar cinta terhadap Indonesia. Beuh, The power of love ternyata yang membentuk KitaINA loh. Selain karena kecintaan terhadap negeri, KitaINA pun dibentuk karena adanya passion terhadap travelling.



KitaINA yang baik juga memberi tips nih agar kita bisa membuat tulisan about travel yang menarik? Cekidot.

  1. Tulislah sebuah konten yang memuat tentang kebutuhan orang lain.
       Yap, seperti tujuan menulis pada umumnya adalah untuk berbagi atau memuat informasi untuk orang lain. Nah, untuk tulisan travel kalian bisa menulis segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan orang-orang untuk berwisata. Contoh, “Persiapan untuk Mendaki Gunung Ciremai” atau “Cara Backpacker ke Lombok”.

Terus gimana caranya kita bisa mengira apa yang orang lain butuhkan? Gampang gais, kalau author sendiri berusaha untuk memposisikan diri. Misal karena author bekerja dan hanya libur sabtu minggu, thor akan membuat tulisan seperti “Wisata Alam yang Paling Recommended didatangi Akhir Pekan”.

 2. Tulis informasi yang relevan
        Relevan artinya berkaitan. Itu artinya untuk membuat tulisan  travel yang menarik kalian harus memuat informasi yang sesuai. Misal judulnya apa ya isinya harus membahas dengan apa yang dimuat pada judul. Tambahkan juga data-data yang akurat untuk membuat tulisan agar lebih berkualitas. Dan jangan sampai ya isinya tidak sesuai dengan judul. Contoh judulnya tentang “Paket Wisata Murah ke Raja Ampat”, eh tapi isi tulisannya malah apa. Bisa-bisa pembaca kecewa dengan tulisan kalian. Karena apa yang dia kira tidak sesuai dengan realita. Duh nyes banget kan kalau kita diposisinya. Hehe

   3. Pilih judul yang unik
         Hampir setiap orang suka yang unik-unik. Iya apa iya? Termasuk soal tulisan gais. Orang pasti suka dengan judul-judul yang unik. Gak heran biasanya yang unik cepat viral, meski sebagian. Nah, teknik mencari judul yang unik pas banget untuk tulisan yang bernuansa travel. Contoh, “Tempat untuk membeli oleh-oleh di Solo” atau “Pantai dengan Pasir Paling Putih di Indonesia.” Pasti deh, jurus judul unik ini bisa menarik hati para readers dan dia akan betah lama-lama membaca tulisan kamu.

  4.Tambahkan lokasi pada judul
            Selain unik, mayoritas dari kita pastilah mencari yang konkret. Termasuk tujuan atau lokasi wisata yang hendak dicari. So, buat kalian para travel blogger, buatlah judul yang mencantumkan lokasi.  Contoh “Cara Backpacker ke Warebo.” Bisa juga, “Tempat Wisata Paling Hits di Bandung”. Intinya cantumkan lokasinya ya.

  5. Buatlah judul yang memancing rasa penasaran
      Tak cukup dengan judul yang unik. Orang biasanya juga tertarik dengan judul yang membuat penasaran. Manusiawi ko, author juga gitu soalnya. Hehe. Oke ini dia contoh judul yang mengandung rasa penasaran, “Surga tersembunyi di Malang” atau “Wisata Alam di Aceh yang Belum Banyak Orang Tahu”. Kalau sudah lolos buat judul yang penasaran, siap-siap gais tulisanmu yang selanjutnya akan dinantikan. :)


Disamping itu, kalian juga harus ingat agar tulisan lebih efisien muatlah tulisan yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Kira-kira 500 kata lah. Dan, sebisa mungkin dalam tulisan cantumkan point-point yang berbobot lagi menarik. Untuk bahasa, ada baiknya gunakan bahasa populer atau bahasa sehari-hari.

Pastinya juga, jangan sekalipun menggunakan kata-kata kasar atau yang mengandung unsur SARA atau pornografi, baik dalam tulisan atau lisan. Duh selain melanggar kode etik jurnalistik, hukum bahkan juga melanggar syariat agama. Hati-hati tulisanmu dan lidahmu akan dipertanggung jawabkan  loh guys.

And then, ini yang paling penting dalam membuat tulisan terkait travel. Masukkan gambar atau video yang bisa menunjang dan mengangkat derajat tulisanmu menuju tingkatan tulisan berkualitas. Hehe. Becanda guys, jangan serius-serius :) fungsi gambar atau video itu sudah jelaslah. Hampir semua orang suka dengan gambar. Yap, agar tulisanmu menarik dan disukai orang maka tambahkan gambar atau dokumentasi yang berkaitan dengan tulisan ya.

Sebelum sesi ditutup, KitaINA punya harapan nih untuk kemajuan travel di Indonesia. Diantara harapan itu adalah agar kita siap untuk menerima turis, karena kita adalah tuan rumah jadi sambutlah tamu dengan baik ya gais. Selanjutnya, jagalah kebersihan dan hargailah tempat wisata kita sendiri. Gak tanggung-tanggung KitaINA juga berharap agar masyarakat Indonesia untuk sering-sering berwisata ke seluruh pelosok Indonesia. Tuh kan, jadi kapan kita travel bareng? hihi

Dan jangan lupa readers yang budiman, untuk selalu menjaga kebersihan dimanapun berada. Remember it! Karena kebersihan juga sebagian dari iman loh gais. Dan pastinya hargailah tempat wisata yang kita miliki. Terakhir, KitaINA berharap agar semakin banyak travel Indonesia yang berbagi tentang cantiknya Indonesia agar orang lain tau nilai positif yang ada di negara kita.

Finally, selamat travel ria. Jangan lupa guys abadikan tentang keindahan Indonesia tidak hanya dalam bentuk gambar tapi juga tulisan.
Salam literasi.


Thank you~
Load disqus comments

0 comments