Hai Anak Muda! Lakukan 10 Hal Ini Agar Masa Mudamu Tidak Percuma

Halo rekan-rekan muda. Kalian pasti pernah mendengar cerita-cerita dari orang sekitar bahwa masa muda adalah masa yang paling menyenangkan. Dan hampir 99% dari kita pasti menyetujuinya.
Betul tidak?

Yap, bagaimana tidak? Di masa muda orang-orang sedang mengalami gejolak yang kuat. Rasa ingin tahu yang besar. Rasa ingin mencoba yang dahsyat. Bahkan rasa kebebasan yang seakan begitu mengikat.

Eit, tapi hati-hati sahabat. Masa muda ini kita lewati hanya sekali. Tidak berulang kali. So, nggak mau kan masa muda sahabat berlalu begitu aja alias lewat tanpa jejak yang gak menghasilkan apa-apa. Duh, sayang deh pastinya. Alih-alih di kemudian hari, malah menyesal karena tidak pandai menggunakan masa muda dengan sebaik-baiknya.

Lantas, apa aja sih hal yang harus kita lakukan di masa muda agar tidak berakhir dengan kata sia-sia?  Berikut uraiannya:


1.       Lupakan Masa Lalu dan Bangkitlah

Setiap orang pasti punya kisahnya sendiri. Ada yang semanis lolipop. Ada yang renyah seperti keripik. Bahkan ada yang kisahnya sepahit empedu. Well, itu bukan sebuah kesalahan fatal yang kalian harus sesali seumur hidup.
Sangat disayangkan jika masa mudamu habis untuk sekedar menyesali yang telah terjadi. Menyesal boleh, tapi jangan lupa lakukanlah perubahan. Percayalah, tidak ada manusia yang terlahir sempurna ke dunia ini. Kamu hanya perlu bangkit dari situasi yang menahanmu dan belajarlah pelan-pelan melupakan masa lalu. Meski serumit apapun.
Jangan biarkan masa mudamu habis dalam renungan panjang. Tapi bangkitlah, tunjukkan pada dunia kau mampu menjadi pribadi yang patut dibanggakan!

2.       Belajar Tentang Apapun


Siapapun dan bagaimanapun kamu, percayalah, kamu memiliki kemampuan yang patut diacungkan jempol. Karena setiap orang memiliki kelebihan dibandingkan yang lain. Dan kamu memiliki kemampuan yang tak boleh disia-siakan.
Jangan menyerah hanya karena keadaan. Jangan berhenti hanya karena tak ada dukungan. Kamu terlahir sebagai pemenang. Kamu adalah manusia yang unggul dan berkompeten. Maka seraplah ilmu apapun, kapanpun dan darimanapun.
Jangan khawatir tentang masa depan. Yang perlu kamu lakukan di masa muda ini adalah dengan belajar dan tuntutlah ilmu apapun.

3.       Bahagiakan Orangtua

Hei sebagai seorang anak, sudah sepatutnya kita semua harus berbakti kepada orang tua bukan? Ini bukan hanya diajarkan dalam agama. Tapi dipandang dari sudut manapun, sebagai belahan jiwa dan permata hatinya, seorang anak harus berbakti, menyenangkan dan menjaga orang tua dengan penuh kasih sayang.
So, apa kaitannya dengan masa muda?
Karena masa muda adalah waktu dimana setiap manusia sudah wajib untuk hormat kepada orangtua, baik orang tua dirumah (ayah ibu) ataupun orang tua di sekolah (guru). Gak keren kan kalau masa mudanya hanya mementingkan diri sendiri. Apa namanya kalau bukan egois?
Ingat saat kita muda dan beranjak dewasa, orang tuapun semakin menua. Jadi, buatlah moment berharga dan bahagiakanlah orang tua.
Right?

4.       Biasakan Menabung

Belajarlah untuk memilah mana kebutuhan dan mana keinginan. Segala yang kita butuhkan pastilah harus kita inginkan. Tapi tidak semua keinginan pasti lah sebuah kebutuhan. Oke, sudah dapet kata kuncinya kan?
Intinya adalah sahabat harus bisa menahan diri untuk memilah mana yang sangat butuh, butuh, tidak butuh. Jangan jadikan masa muda sahabat sebagai moment untuk lelang kebebasan. Dimana apa yang kalian mau harus segera terkabulkan.
Jika demikian, apa bedanya kita dengan masa kanak?
Dari hal kecil seperti itulah, kita akan belajar untuk cermat dalam mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan finansial. Gak lucu kan kalau masa mudamu untuk hura-hura. Terus lupa deh kalau masa depan itu butuh persiapan juga.
Jadi, sudah siap kan untuk rutin menabung dari sekarang?

5.       Perluas Relasi

Relasi, hubungan dan pertemanan. Dalam hal ini, manfaatkanlah masa muda sahabat dengan memperluas dan menambah pertemanan sebanyak-banyaknya. Eits, tapi yang perlu diingat adalah jangan lupa untuk lihat dulu kepada siapa kita akan berkawan.
Kenapa begitu? Kenapa harus dilihat-lihat atau dipilih? Karena teman adalah salah satu faktor terbinanya seseorang. Jika sahabat ingin memiliki masa muda yang bermanfaat. Maka bergaulah dengan teman-teman yang akan membawa nilai positif untuk kita. Perluaslah relasi.
Meski demikian, sahabat tidak perlu selektif sekali ya dalam mencari teman. Yang terpenting pandai-pandailah dalam bergaul, tentunya cari pergaulan yang “sehat” dan “terjaga”.

6.       Tekuni Passionmu

Passion atau segala sesuatu yang menjadi kegemaran, rasa suka, daya tarik yang jika dikerjakan mungkin kita tak akan mengenal kata bosan dan lelah dalam menjalankannya. Kalian tahu sahabat, hidup ini hanya sekali. Jangan biarkan waktu yang singkat ini lewat tanpa pamit. Berlalu tanpa makna. Dan terlintas tanpa karya sama sekali.


Percayalah, setiap orang memiliki passionnya masing-masing. Apapun passionmu, maka tekunilah. Tanamkan pada diri bahwa passionmu adalah dirimu. Tekuni, seiring waktu sahabat akan melihat hasilnya. 
Kelak, hasil ketekunan dan loyalitas terhadap passionmu tak hanya menjadi suatu yang berharga, tapi juga menjadi kepuasan tersendiri yang patut kamu banggakan di masa selanjutnya.

7.       Jangan Takut Bermimpi

Jadilah pemimpi! Jadilah anak muda yang memiliki banyak mimpi. Jadilah anak muda yang memiliki harapan dan target dalam hidupnya.
Siapapun kalian. Siapapun sahabat. Kalian pantas menjadi seorang pemimpi besar. Jangan takut untuk bermimpi. 
Hei, tak ada yang melarang bukan? 
Kalian ingin menjadi pengusaha? silahkan. 
Kalian berhak mendapatkannya. Setiap jiwa memiliki kebebasan untuk meraih mimpinya.
Berhentilah mendengar ucapan orang lain. Berhentilah peduli terhadap celaan orang lain yang dilemparkan padamu. Sahabat tak perlu takut terhadap itu semua, karena sahabat punya mimpi yang patut untuk diperjuangkan.
Berjalanlah anak muda. Raihlah mimpi yang kau tanam sejak dulu. Tunjukkan pada dunia kau mampu dan berhak mewujudkan segala harapan besarmu.

8.       Berani Mencoba

Jika sahabat telah berhasil untuk menjadi seorang pemimpi, sekarang cobalah. Jangan jadi anak muda yang takut untuk memulai. Jangan ragu untuk mencoba. Jika gagal, cobalah lagi. Semua di dunia ini tak ada yang instan, bahkan yang instanpun perlu melewati beberapa proses, bukan?
Tak ada alasan menyerah. Ingat masa muda, masa dimana jati diri mulai ditempa. Jika kita biasakan bersifat lemah, maka bukan tidak mungkin ketika dewasa pun akan menjadi pribadi yang lemah.
Ayo sahabat muda, teruslah mencoba. Jangan menyerah hanya karena alasan takut tidak berhasil. Karena keberhasilan yang sesungguhnya adalah saat kita berani melawan rasa takut itu sendiri.
 Fighting! U can do it.

9.       Berpetualanglah!

Yap, berpetualang adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan ketika melewati masa muda. Why? Karena dengan berpetualang sahabat tidak hanya mendapat kepuasan batin tapi juga mendapat pengalaman yang tidak akan didapat di bangku pendidikan manapun.
Lewat petualangan, kita akan lebih paham siapa diri kita, apa mau kita, apa tujuan kita. Lewat petualangan, kita akan mengenal banyak karakter dalam kehidupan ini. Kita akan lebih menghargai apapun yang kita dapatkan. Apapun yang kita terima.
Berpetualanglah! Dunia menanti jiwa-jiwa muda sepertimu.

10.   Beribadah dengan Tekun

Rasanya masa muda tak hanya masa indah tentang cerita kehidupan. Karena pada akhirnya setiap perjalanan akan sampai pada tujuan yang sama, menghadap Tuhan. Sebab itu, belajarlah untuk lebih tekun dalam beribadah. Manfaatkanlah masa muda ini dengan sebaik-baiknya. Tak hanya dekat kepada makluk, tapi juga dekat kepada Sang Pencipta.

Jadi, sudah siapkan menjadikan masa mudamu lebih bermakna?
Yuk kita mulai sama-sama. ;)


Load disqus comments

2 comments