Kenal Lebih Dekat Blogger Perempuan Network, Melalui Perempuan Inspiratif Ini

 Blogger Perempuan Network,

Blogger Perempuan Network, siapa yang tak mengenal komunitas blogger satu ini? Mayoritas blogger tentu tak asing lagi dengan namanya. Apalagi untuk blogger wanita. Karena semakin berkembangnya dunia blogging, membuat para blogger ditantang untuk lebih aktif dan kreatif untuk mendalaminya. Salah satu hal, yang bisa menunjang keaktifan tersebut adalah dengan bergabung di komunitas blogger. Blogger Perempuan Network, salah satunya.

Di balik perkembangan Blogger Perempuan Network yang semakin pesat, tak bisa dipungkiri bahwa ada sosok inspiratif di baliknya. Potret wanita-wanita hebat, yang rela meluangkan waktu dan tenaganya untuk membangun komunitas blogger wanita terbesar di Indonesia saat ini. 

Ia adalah Shintaries, co-founder dari Blogger Perempuan Network dan BP Network. Sehari-hari bekerja sebagai CEO di PT Perempuan Digital Indonesia, agency blogger yang menaungi Blogger Perempuan Network dan Indonesia Corners (Travel Blogger Community) untuk bekerja sama dengan brand/corporate. Di tengah aktivitasnya yang padat, ketahuilah bahwa ia adalah seorang ibu dari dua anak. Mba Shinta sendiri memiliki hobi travelling bersama keluarga dan juga menulis di blog pribadinya, shintaries.com.
Blogger Perempuan Network
Shintaries Saat Mengisi Materi Workshop

Blogger Perempuan Network dibangun pada Maret, 2015. Kemudian di tahun yang sama, pada bulan Juli dibentuklah facebook group untuk Blogger Perempuan Network.

Sebelum resmi menjadi Blogger Perempuan Network, awalnya, nama yang digunakan hanyalah Blogger Perempuan. Namun, karena masih banyak yang bertanya-tanya apakah itu adalah komunitas? Dan tidak banyak yang tahu kalau Blogger Perempuan adalah platform, maka ditambahkan kata "Network" di belakangnya.
Blogger Perempuan Network
Logo Blogger Perempuan Network

Berdirinya Blogger Perempuan Network ini bukan karena alasan biasa. Mba Shinta dan kedua temannya menginginkan adanya sebuah platform yang dapat digunakan oleh perempuan blogger agar dapat membantu meningkatkan performance blognya. Mulai dari traffic hingga backlink. Di samping itu, mereka juga berkeinginan untuk memberikan edukasi kepada para perempuan blogger. Karena seperti yang kita tahu, perempuan erat kaitannya dengan gagap teknologi. Walaupun seorang blogger biasanya sudah akrab dengan teknologi, namun untuk bisa memahami teknologi baru itu tidaklah mudah.

Atas dasar itulah, mba Shinta dan kedua temannya mendirikan Blogger Perempuan Network. Sehingga mereka berkomitmen untuk mengedukasi perempuan blogger secara luas. Tentunya hal itu hanya bisa terjadi jika dilakukan secara online. Dari sanalah, awal mula hadirnya platform di bloggerperempuan.com. Kemudian, karena dirasa member juga butuh sosialisasi satu sama lain, pada akhirnya mereka membuat komunitas Blogger Perempuan Network. Hingga saat ini, member yang ada berjumlah 4100+ yang tersebar di seluruh Indonesia.

Blogger Perempuan Network
Blogger Perempuan Network.
Selain itu, mba Shinta melihat banyaknya komunitas blogger yang sudah berdiri namun kurang memaksimalkan potensi member dan memberikan peluang kepada para blogger. Maka terbitlah keinginan untuk memberikan edukasi, ilmu pengetahuan, dan sharing kepada blogger lain namun belum ada wadah yang tepat. Akhirnya, karena tergerak ingin melakuan sesuatu yang lebih besar dan bersifat massive, mba Shinta menghubungi 2 orang teman yang dikenal baik dan memiliki kemampuan yang bisa melengkapi. Kedua sosok wanita tersebut adalah Dyane Dorothy dan Almazia Pratita. Setelahnya, mereka berdiskusi untuk menentukan nama, branding, bentuk, pemasaran, monetize, sampai plan 3 tahun ke depan (yang menjadi cikal bakal Blogger Perempuan Network – PT Perempuan Digital Indonesia).

Jumlah anggota Blogger Perempuan Network, hingga saat ini tercatat 4160 orang yang tergabung dalam facebook group dan directory. Untuk pengurusnya sendiri berjumlah 10 orang, termasuk 3 founder di dalamnya. Setiap pengurus memiliki peran yang berbeda namun saling berkesinambungan untuk mengelola Blogger Perempuan Network.

Mendirikan sebuah komunitas, tentu tidaklah semudah angan. Apalagi membangun komunitas secara online seperti Blogger Perempuan Network. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan matang-matang. Mulai dari hal terkecil sampai terbesar. Bagi perempuan satu ini, ia memiliki alasan yang jelas ketika memutuskan untuk mendirikan Blogger Perempuan Network bersama kedua rekannya.

 Blogger Perempuan Network
Shintaries Saat Menjadi Pemateri

Yang pertama adalah chemistry, karena tanpa mengenal pribadi teman  dengan baik baginya cukup sulit untuk bekerja sama. Yang kedua, kemampuan untuk saling melengkapi satu sama lain. Yang ketiga, kepercayaan satu sama lain dan pastinya memiliki visi dan misi yang sama. Yang terakhir adalah kemampuan berkomunikasi dan memiliki team work yang baik. Karena bagi mba Shinta, komunitas adalah tentang keluarga, jika komunikasi dan kerja sama tidak terjalin dengan baik, tentu saja akan sulit berkembang jika para pendirinya memiliki ego masing masing.

Hadirnya Blogger Perempuan Network merupakan salah satu passion yang sejak dulu diidamkan mba Shinta. Sebab, hal tersebut juga berhubungan dengan salah satu kegemarannya yaitu blogging. Jadi di saat dua duanya berjalan, maka tidak ada yang dirasa menjadi terpaksa atau terbengkalai. Sebab keduanya dilakukan dengan senang hati.

Setelah  mendirikan Blogger Perempuan Network, ia merasakan banyak sekali manfaat yang ada. Namun, hal paling menyenangkan bagi ibu dua anak ini adalah jika lahirnya Blogger Perempuan Network bisa memberikan banyak manfaat bagi para member, terutama untuk perempuan blogger di Indonesia.

Selama Blogger Perempuan Network berjalan, pemilik akun instagram @shintaries ini mengaku sangat bersyukur. Ia merasakan banyak kebahagiaan. Di antaranya, bisa bertemu para member yang antusias dengan dunia blogging yang datang dari berbagai kota di Indonesia. 
Blogger Perempuan Network
Kopi Darat Member Blogger Perempuan Network

Kebahagiaan itu ia peroleh, karena ia dan rekan-rekannya berusaha membentuk lingkungan  yang positif, baik di konten maupun di grup. Dengan begitu, para member, founder serta pengurus bisa tetap bersenang-senang. Adapun rasa duka juga pernah dirasakan, apabila terjadi perdebatan yang serius namun ia bersama pengurus lainnya selalu berusaha mendengarkan keinginan para member.

Kisah-kisah menarik selama berdirinya Blogger Perempuan Network telah banyak ia dapatkan. Baginya, hal yang paling disukai adalah ketika kopi darat dengan para member di daerah, mulai dari Surabaya, Yogyakarta, sampai ke Jember. Bertemu dan belajar bersama dengan para member yang masih aktif nge-blog serta berbagi banyak pengalaman kepada mereka.

Dunia internet sekarang jauh lebih berkembang. Adapun blogging menjadi salah satu kegiatan yang kembali populer setelah hadirnya berbagai sosial media. 

Co-founder Blogger Perempuan Network ini  berharap, semoga saja blogger yang aktif saat ini akan selalu menjunjung tinggi etika menulis, memiliki attitude yang baik, dan selalu punya konten menarik untuk dibagikan, sehingga  bisa menjadi blogger yang  selalu memberikan lingkungan internet yang sehat.

Melalui informasi yang dibagikan oleh Co-founder Blogger Perempuan Network, mba Shinta. Kita lebih tahu sepak terjang perjalanan komunitas ini. Tentu, ini sebagai wadah yang tepat bagi para blogger, khususnya perempuan untuk berpartisipasi dan berbagi inspirasi satu sama lain. Dengan begitu, semoga kita semakin semangat untuk menjadi blogger yang produktif dan inspiratif.

0 comments