Bersinergi Membangun Negeri dengan Gerakan Merdeka Produk Indonesia


Merdeka Produk Indonesia
(Image Via Qlapa)
Tujuh belas agustus tahun empat lima
Itulah hari kemerdekaan kita
Hari merdeka nusa dan bangsa
Hari lahirnya bangsa Indonesia
Merdeka

Sekali merdeka tetap merdeka
Selama hayat masih di kandung badan
Kita tetap setia tetap setia
Mempertahankan Indonesia
Kita tetap setia tetap setia
Membela negara kita

Lagu yang berjudul "Hari Merdeka (17 Agustus 1945)" karangan H. Mutahar ini adalah lagam yang selalu didendangkan tiap peringatan hari kemerdekaan tiba. 

Bergidik jiwa mendengarnya, seakan spektrum dari kisah perjuangan para pahlawan berbicara dalam tiap liriknya.

Merdeka. Sering kita mendengarnya, namun sudahkah kita menyelami makna merdeka dan kemerdekaan yang sesungguhnya?

Menurut KBBI, merdeka adalah bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri (1). Sedangkan Wikipedia, menyatakan bahwa kemerdekaan adalah di saat suatu negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya (2). 

Dengan kata lain, merdeka adalah sebuah keadaan yang mana ia terbebas, terlepas dan tak lagi dijajah. Jika dikaitkan dengan kondisi Indonesia, artinya negara kita berdikari. Serta lepas dari situasi yang erat kaitannya dengan kolonialisme. 

Namun, makna kemerdekaan yang lebih luas adalah saat dimana kita, warga Indonesia, tidak hanya memperoleh kemerdekaan dari para pahlawan yang telah berjasa besar untuk tanah air tapi juga berpartisipasi untuk turut mempertahankannya.

Kini, yang menjadi pertanyaannya adalah, sudahkah kita berperan dalam menjaga kemerdekaan negeri ini?

Sebab, sejatinya setiap bangsa Indonesia, tiap warga negaranya, memiliki posisi yang sama, guna mempertahankan nilai kemerdekaan. Salah satunya adalah dengan menjaga produk lokal agar tetap "hidup" dan berjaya di negerinya sendiri, Indonesia.

Namun, pada kenyataannya, dilansir dari data Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa nilai impor Indonesia pada Januari 2018 mencapai US$15,13 miliar atau naik 0,26 persen dibanding Desember 2017, sebaliknya jika dibandingkan Januari 2017 meningkat 26,44 persen. Peningkatan yang jelas signifikan.

Merdeka Produk Indonesia
Gambar 1: Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Januari 2018 (BPS)
Sementara jika    dibanding bulan  yang sama tahun sebelumnya, impor Januari 2018    dari tiga belas   negara utama meningkat 28,88 persen (US$2.325,9    juta). Adapun penyumbang tersebut berasal dari Tiongkok US$846,0 juta (29,05 persen), Jepang US$340,0    juta (33,14 persen), dan Singapura US$337,9 juta (60,44    persen).

Jika kita berpedoman kepada data yang ada, maka makna kemerdekaan seakan masih belum sempurna. Bagaimana bisa? Hal itu dikarenakan produk yang saat ini beredar luas di pasaran baik offline dan online, didominasi oleh produk impor. Impor yang artinya produk dan barang-barang yang diperjual belikan berasal dari luar negeri.

Secara garis besar, penjajahan telah terjadi tanpa kita sadari. Sama halnya, penjajahan belanja online Indonesia saat ini, yang mana masih banyaknya produk impor merajalela.

Sekarang, tugas kita dalam melawan penjajahan ini adalah dengan mempersiapkan dan mempertahankan kembali produk lokal agar tetap kuat di negara sendiri. Sebab dengan kuatnya arus jual beli produk dalam negeri, sama halnya berperan dalam menunjang perekonomian tanah air, Indonesia.

Mampukah? Tentu. Karena suatu negara akan kuat, bila bangsanya juga kuat. Termasuk kekuatannya dalam tatanan ekonomi.

Demi mempertahankan kemerdekaan serta mendukung tatanan ekonomi negara, banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai bangsa. Salah satunya adalah menyokong produk domestik untuk tetap dan selalu berjaya di negeri sendiri, Indonesia.

Merdeka Produk Indonesia
Gambar 2: Market yang Menjadi Rumahnya Produk Handmade Indonesia, Qlapa

Maka hadirnya market, yang menjadi rumahnya produk handmade Indonesia adalah sebuah solusi. Hadir sebagai jawaban dalam rangka melawan penjajahan belanja online Indonesia saat ini. Di sinilah, peranan Qlapa, datang sebagai market untuk mewujudkan mimpi anak bangsa untuk menjayakan produk hasil buatannya sendiri.


Merdeka Produk Indonesia
Qlapa adalah sebuah mall online yang menghadirkan kerajinan dan produk asli anak negeri. Menjual berbagai produk yang menarik seperti pakaian, aksesoris, peralatan rumah, perhiasan hingga dekorasi. Melalui situs Qlapa, Anda bisa memperoleh kreasi yang dibuat dengan mengedepankan standar kualitasnya. Secara umum,
hadirnya Qlapa market sebagai salah satu usaha Qlapa melawan produk impor disektor real offline.

Merdeka Produk Indonesia
1. Qlapa, sebagai rumahnya produk handmade Indonesia menjual aneka produk yang unik dan ekslusif. Pembuatan dilakukan secara manual satu persatu;
2. Qlapa, sebagai rumahnya produk handmade Indonesia memberikan kemudahan dalam jual beli karena transaksi aman dan mudah. Bahkan jaminan uang kembali jika ada produk  yang rusak/batal;
3. Qlapa, sebagai rumahnya produk handmade Indonesia mendukung penuh produk domestik karena memperoleh produk langsung dari para pengrajin lokal;
4. Qlapa, sebagai rumahnya produk handmade Indonesia menjamin bahwa produk memiliki kualitas premium karena adanya seleksi demi menjaga mutu.

Merdeka Produk Indonesia
Gambar 3: Tampilan Situs Qlapa Sebagai Mall Online Produk Handmade Indonesia
Tak hanya menjadi pembeli, Anda juga 
berpeluang besar untuk menjadi penjual yang dapat meningkatkan produk handmade di Qlapa.  Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, di antaranya adalah:

1. Produk lokal yang Anda buat dijual di tempat yang tepat. Sebab, hadirnya Qlapa memang sebagai tempat jual beli produk handmade Indonesia;
2. Produk Anda akan berapit dengan produk handmade lainnya;
3. Produk Anda akan tampil dalam iklan tanpa biaya awal;
4. Anda bisa menjual barang tanpa perlu stok minimum, sehingga memberikan Anda keluasan;
5. Saat menjadi penjual di Qlapa, Anda akan memperoleh asisten pribadi yang akan membantu Anda dalam berjualan;
6. Anda akan menemukan peluang untuk kerjasama dengan partner Qlapa;
7. Sebagai penjual, Anda akan mengantongi prioritas utama untuk program yang disediakan Qlapa, baik offline ataupun Online;
8. Keuntungan lainnya, Anda akan mendapatkan kesempatan edukasi tentang ilmu pemasaran produk online;
9. Membantu menjangkau jaringan Anda lebih luas sesama pengrajin produk handmade lokal lainnya.
Merdeka Produk Indonesia
Gambar 4: App Qlapa
Mari sama-sama kita berdaya dan jayakan produk lokal Indonesia. Kerajinan tangan yang bernilai dan mampu bersaing di pasar nasional ataupun internasional. Dengan begitu, artinya kita telah bergotong-royong untuk bersinergi membangun negeri dengan gerakan merdeka produk Indonesia.

Sumber:
1. Merdeka[https://kbbi.web.id/merdeka]
2. Kemerdekaan [https://id.wikipedia.org/wiki/Kemerdekaan]
4. Qlapa [https://qlapa.com]
3. Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Januari 2018 [https://www.bps.go.id/pressrelease/download.html?nrbvfeve=MTQ5Nw%3D%3D sdfs=ldjfdifsdjkfahitwoadfnoarfeauf=MjAxOC0wOC0yNCAxMDowNToyNw%3D%3D]










0 comments