Definisi, Manfaat dan Kelebihan Software Payroll yang Harus Kamu Tahu

software payroll
via pexels

Apa kamu sudah tahu apa itu software payroll? Jika belum mari teruskan membaca tulisan ini.

Software payroll adalah sebuah software yang akan memudahkan perusahaan Anda dalam mengurus pengiriman gaji kepada para pekerja. Sehingga akan membuat divisi keuangan atau personalia lebih menghemat waktu dan tenaga. Biasanya, software ini menjadi satu bagian dengan HRIS atau yang biasa dikenal dengan Human Resource Information System. Hingga saat ini, telah banyak perusahaan yang menggunakannya.

Melalui software ini, Perusahaan Anda dapat dengan mudahnya memperhitungkan gaji karyawan sesuai dengan data kehadiran dan jam yang ada di sistem. Setelah perhitungan tersebut, otomatis sistem akan menarik gaji atau dana perusahan dan dikirim ke rekening karyawan yang terdaftar. Selain itu, software ini juga mampu untuk menghitung potongan-potongan seperti pajak sebelum gaji dikirim ke rekening para karyawan. 

Yang menjadi pertanyaannya, mengapa perusahaan memerlukan software payroll?

Setiap perusaan tentu harus menggaji para pekerjanya setiap bulan. Tentu ini pekerjaan yang dilakukan berulang dan diperlukan ketelitian tinggi, tanpa harus melakukan kesalahan yang akan merugikan perusahaan ataupun karyawan. Untuk itu, menggunakan software payroll adalah pilihan yang tepat dan tak perlu diragukan lagi kemanfaatannya. Apalagi jika perusahaan besar yang memiliki banyak karyawan, sudah seharusnya menggunakan software payroll dalam menggaji karyawannya. 

Apa saja manfaat menggunakan software payroll?

Manfaat dari penggunaan software payroll tentu beragam. Mulai dari penghematan tenaga kerja karyawan dalam menghitung jumlah gaji, juga meminimalisir kesalahan bagian payroll. Tentunya, semua itu dilakukan dengan software payroll dalam waktu yang singkat, sehingga membuat bagian HRD dan keuangan lebih menghemat waktu dan mereka bisa mengerjakan pekerjaan lainnya. 

Lantas, apa saja kelebihan yang ada di software payroll?

Adanya Laporan Sesuai Kebutuhan

Laporan dalam perusahaan adalah hal paling penting yang tak bisa dihilangkan. Adanya laporan terkait payroll juga termasuk bagian yang tak boleh dikesampingkan, maka pembuatan laporan dari statsus transaksi payroll merupakan hal kompleks. Untuk itulah software payroll hadir untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. 

Berbasis Cloud 

Softaware payroll yang ada saat ini kebanyakan telah berbasis cloud. Hal tersebut menjadikan kemudahan karena bisa diakses  kapan saja dan dimana saja asalkan perangkat terkoneksi dengan internet. Dengan basis cloud, maka sistem akan otomatis terupdate bila sewaktu-waktu terjadi perubahan, semisal perubahan di pajak.

Data Tersimpan Dengan Aman

Bila penyimpanan data dilakukan dengan manual, tentu akan mengambil banyak waktu dan memakan tempat untuk menyimpannya. Beda ceritanya jika perusahaan menggunakan software payroll, maka penyimpanan akan otomatis dijalankan oleh sistem. Melalui sitem, maka data akan tersimpan dengan aman. 

Perhitungan Gaji dan Potongan Dilakukan Secara Otomatis

Ketika nominal gaji telah diperhitungkan, otomatis potongan seperti asuransi kesehatan, pajak dan lain-lainnya akan dilakukan juga oleh sistem. Sehingga seluruh potongan yang ada akan diperhitungkan ke dalam jumlah gaji kotor karyawan. Sampai akhirnya rapi dan otomatis terkirim ke rekening para karyawan. 

Nah, jika sudah tahu apa itu software payroll, manfaat serta kelebihannya? Jangan lupa, pilihlah software payroll terbaik untuk perusahaan Anda.



0 comments