Kiat Kang Ali Agar Konsisten Blogging



blogging


Blogging kini merupakan salah satu kegiatan menulis yang paling mengasyikkan di era digital seperti sekarang ini. Memulainya bisa dilakukan oleh siapa pun dan dimana pun. Namun, menjadi seorang blogger yang konsisten tidaklah semudah seperti pertama kali memulai ngeblog. Karena menjaga sifat konsisten dalam kegiatan blogging, tak hanya diperlukan niat saja, tapi perlu juga disertakan kerja keras.

Sebagai blogger, ada kalanya kita harus belajar dari pengalaman orang lain agar kita bisa selalu konsisten dalam blogging. Bersama seorang blogger lelaki yang satu ini kita akan mempelajari apa saja kiat-kiatnya agar selalu stabil, rutin dan tetap konsisten menulis di blog meski memiliki banyak kesibukan?

Blogger yang akan berbagi kiat konsitennya dalam dunia blogging adalah Ali Muakhir. Kang Ali, begitu panggilan akrabnya. Ia adalah seorang blogger, penulis, reviewer, dan seorang influencer. Kesibukan lainnya, Kang Ali juga bekerja di Sygma Media Inovasi untuk produk-produk digital. Kesibukannya itu dilandasi rasa agar bisa bermanfaat tak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Pastinya kebermanfaatan dalam hal-hal yang positif.


Rupanya, sejak di bangku SMP, Kang Ali memang sudah menyukai dunia tulis menulis. Hal itu diawali ketika Kang Ali menulis untuk media anak-anak. Kemudian berlanjut ke media remaja. Seiring dengan berkembangnya dunia maya, tahun 2000, Kang Ali mulai ngeblog di MP (Multiply). Namun, karena MP pada akhirnya ditutup, ia memutuskan beralih menjadi seorang blogger dengan platform blogspot yang gratisan. Adapun untuk domain itu sendiri dimulai sekitar 5 tahunan setelahnya.

Tentu, kamu penasaran dong apa sih yang membuat Kang Ali suka dengan dunia tulis menulis? Alasannya adalah karena Kang Ali memiliki rasa untuk berbagi apa pun yang ia ketahui. Seperti tujuan hidupnya juga, karena ia ingin bermanfaat untuk banyak orang.

Keputusan Kang Ali menjadi blogger dari www.alimuakhir.com adalah karena  ia ingin menulis apa pun tanpa ada yang membatasi. Berbeda jika menulis di media massa yang banyak aturan. Selain itu, Kang Ali menggunakan domain dengan nama sendiri karena mayoritas orang-orang telah mengenalnya dalam bidang tulis menulis. Dengan kata lain, memberi nama alimuakhir.com pada blognya sebagai bentuk personal branding yang ia lakukan. Nah, untuk topik yang menjadi perhatian Kang Ali sendiri adalah tentang pendidikan media, pendidikan keluarga, dan travelling. Alasan memilih tiga topik itu karena pria kelahiran Tegal, 21 Januari ini menguasainya.

Setiap blogger tentu memiliki prioritas atau hal-hal yang menurutnya penting untuk dibahas dalam blognya, termasuk bagi Kang Ali. Baginya, tema yang paling penting untuk dibahas adalah tentang buku dan penerbitan. Mengapa? Karena tidak banyak blogger yang membahas tema tersebut. Namun, Kang Ali sendiri merasa tentang travelling lah yang paling sering ia tulis.

Blogging


Namun, siapa sangka? Tema travelling ternyata yang paling sering dikunjungi oleh para pembaca di blognya. Terutama tentang Bandung. Bagi Kang Ali, menulis tentang travelling di Bandung menjadi hal yang menyenangkan karena Bandung memang cocok bila dijadikan sebagai kota tujuan wisata.

Bila kamu berkunjung ke laman blog Kang Ali, secara otomatis kamu akan melihat slogan besar yang bertuliskan “Baca Buku Sambil Jalan-jalan”. Nah, ternyata slogan di blog Kang Ali merupakan gabungan makna tentang dunia penerbitan dengan dunia jalan-jalan. Jadi, ke mana pun kita melangkah, kita harus selalu ditemani buku. Sebab, sesuai dengan pepatah bahwa buku adalah jendela dunia.

Sepak terjang Kang Ali sebagai blogger tentu memiliki kisah-kisah menarik yang akan selalu ia ingat. Ada banyak pengalaman menarik yang ia peroleh selama menjadi blogger. Contohnya adalah ketika ada orang lain mau ke Bandung, namun tidak punya banyak waktu sementara ingin eksplor Bandung. Sebagaian besar dari mereka berkunjung ke blog Kang Ali dan mencari artikel tentang eksplor Bandung selama sehari. Masih ada lagi pengalaman menarik lainnya. Seperti ketika ada salah satu destinasi wisata di Maribaya Lembang yang pada awalnya sepi, setelah mereka mengundang para blogger, akhirnya 6 bulan kemudian untuk beli tiket masuk saja antreannya sudah seperti pembagian sembako. Saking panjangnya, lho!

Blogger yang juga aktif sebagai book creator ini menggunakan beberapa software seperti Photoshop atau CorelDraw untuk memperindah tulisan atau tampilan di blognya. Harapan ke depannya sebagai blogger, ia ingin untuk lebih banyak menulis hal yang bermanfaat. Tak hanya itu, ia pun ingin berbagi pengalaman menarik yang bisa dijadikan contoh untuk para pembaca.

Blogging

Mengingat begitu padatnya pekerjaan dan kesibukan yang dijalani, Kang Ali memiliki  kiat tersendiri agar konsisten dalam blogging. Di antara kiat Kang Ali agar konsisten ngeblog, yaitu:
  • Membiasakan untuk selalu mencari ide untuk ngeblog dimana pun dan kapan pun. Jadi, karena ide bisa didapat dari mana saja dan kapan saja, maka carilah ide tanpa memandang tempat dan waktu. Baik itu di rumah, di kantor, atau saat jalan-jalan di luar. Entah pagi, siang, sore bahkan malam.
  • Ide yang didapat kemudian disimpan pada buku catatan atau note di smartphone. Catatan itu penting, lho! Tak hanya bagi pelajar tapi juga bagi seorang blogger sejati. Biasakan untuk selalu menyimpan ide-ide yang kamu peroleh di buku atau note pada smartphonemu.
  • Buat jadwal menulis atau ngeblog dan usahakan jadwal tersebut ditepati. Jadwal itu penting bagi siapa pun, termasuk bagi blogger. Nah, Kang Ali sendiri agar tetap konsisten blogging adalah membuat jadwal untuk menulis. Tentunya tak sekedar jadwal, tapi juga perlu untuk dilaksanakan.
  • Sering-sering ikut event yang sesuai dengan passion. Nah, di era modern ini banyak sekali event-event yang bisa mendukung agar passion seorang blogger bisa terus berkembang dan semakin produktif. 

BloggingSelain itu, sebagai blogger tentu kita harus memiliki motivasi yang kuat agar tak pernah surut untuk berkarya dalam dunia blog. Bagi Kang Ali, berbagi sesuatu yang bermanfaat, sesuatu yang baik untuk para pembaca adalah bagian dari motivasinya sebagai blogger.

Oya, ada pesan nih dari Kang Ali kepada blogger di tanah air yaitu “Jadilah blogger yang smart biar hasil tulisannya juga smart.” 

Keren banget, kan?

Bagi kamu yang ingin menyapa atau pun ingin belajar tentang dunia blogging atau tulis menulis, silahkan berkunjung di blog pribadi Kang Ali . Bisa juga melalui media social, seperti Instagram @alimuakhir, twitter @KreatorBuku dan facebook alimuakhir.



0 comments