Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja di Situs Favoritmu

belanja


"Happy Shopping", begitu caption di kebanyakan situs belanja online tercantum. Mungkin, bagi sebagian aktivis shopping, hal itu menjadi godaan yang sering kali mengusik diri. Meski bagi sebagian yang lain, boleh jadi hal itu bukanlah sebuah godaan. 

Terkait belanja, hal ini biasanya identik dengan kaum perempuan. Walau mungkin banyak juga para lelaki yang gemar belanja. Eh, tapi sejauh ini sih saya jarang nemuin lelaki yang gemar belanja. Biasanya kaum perempuan lah yang lebih mendominan terkait dunia perbelanjaan. Hehehe. Mulai dari belanja keperluan dapur, perkakas rumah tangga, perlengkapan sekolah anak, hingga belanja untuk keperluannya sendiri.

Nah, dipostingan #Challenge28 ini, saya akan berbagi informasi seputar 5 hal yang harus diperhatikan saat belanja di situs favoritmu. Berikut uraiannya.

1. Ukur Takaran Kebutuhannya

Zaman sekarang makin canggih ya? Jika dulu kamu harus ke luar rumah dan siap panas-panasan atau desak-desakan demi mencari kebutuhan pribadi, kini kamu bisa berbelanja walau  hanya duduk manis di kamar. Wah, konsumen semakin dibuat manja nih! Ngga heran, semakin adanya kemudahan, semakin konsumen dibuat nyaman. Sampai-sampai jadi kecanduan belanja deh! Hihihi. 

Tapi ada yang perlu kamu ingat, lho! Jangan asal belanja hanya karena laper mata saja. Kamu juga harus cek, seberapa butuh dan pentingnya kah barang yang akan kamu beli nanti? Jangan sampai barang yang sejenis masih banyak, tapi kamu ingin beli yang baru demi memuaskan hasrat semata. 

2. Cek Situsnya

Semakin hari, situs-situs belanja online semakin tersebar di jejaring sosial. Bahkan, market place pun mulai meluas di jagad maya. Alhasil, semakin banyak tempat-tempat belanja yang bisa menjadi pilihanmu. Eits, tapi tunggu dulu! Kamu juga perlu hati-hati sebelum berbelanja di sana. Lihat dan cek dulu situs atau online shopnya. Jika ada testimoni, bacalah sebagai bahan pertimbangan. 

3. Jangan Tergiur Harga Murah

Memang sih, harga itu bisa jadi patokan dan keputusan paling dominan sebelum akhirnya barang tersebut dibeli oleh konsumen. Melihat harga yang murah, apalagi sale besar-besaran. Uwoh, melek deh mata. Hehehe. Rasanya pingin borong aja. Gitu ngga sih?

Sebelum memutuskan untuk beli, kamu juga harus jeli dengan harga. Terkadang harga murah belum tentu menjamin kualitas yang baik. Eh, bukan berarti saya menyarankan untuk beli barang yang mahal ya. Ngga kok! Hehehe. 

Jadi gini lho, dear. Sebelum beli barang karena tergiur dengan harganya yang murah, kamu bisa cek di mbah Google dulu berapa kisaran rata-rata harganya di pasaran. Bisa juga kamu cek harganya di toko sebelah. Supaya apa? Supaya kamu yakin barang yang kamu pilih bukan barang abal-abal yang sekali beli langsung rusak. Kan sayang juga kalau tiap beli selalu rusak. Mending yang standar-standar aja. 

4. Jaga Hati

Belanja aja segala jaga hati ya? Hehehe. Perlu ngga sih? Buat saya sih perlu. Kenapa? Supaya ngga kalap bin khilaf kalau liat ini itu. Selain menjaga isi dompet, bagi saya pribadi menjaga hati saat belanja itu penting agar tidak tergiur untuk belanja yang tidak perlu. Orang lain boleh saja menggoda kamu untuk beli ini dan itu yang katanya murahlah, luculah, baguslah, virallah, dan sebagainya. Tapi kan yang beli dan buat keputusan tetaplah kamu-kamu juga. So, pastikan jika tidak perlu abaikan. Jika butuh barulah masukkan ke keranjang belanjaan. Hehehe.

5. Perhatikan Detail Barangnya

Namanya juga belanja online ya! Kamu jadi ngga bisa lihat langsung fisik dari produk atau barang yang akan kamu beli. Hanya gambar, testimoni dan keterangan produklah yang mungkin bisa kamu andalkan. Oleh sebab itu, sebelum belanja online, kamu harus perhatikan detail keterangan produk tersebut. Misal kamu mau belanja baju. Jangan lupa cek ukuran, bahan, warna, tipe dan sebagainya. Hal ini perlu dilakukan agar kamu tidak menyesal jika barang tidak sesuai dengan keinginan kamu. So, pastikan dan perhatikanlah detail barangnya ya!

Tapi kalau kamu punya waktu luang, jelas dan ingin memastikan langsung barangnya, ada baiknya kamu datang dan belanja langsung ke pasar atau toko-toko di luar sana. Selain kamu yakin, kan bisa dicoba-coba dulu. Hihi.

Sip deh ya! Yang paling penting cek budget yang kamu miliki. Jangan paksakan membeli barang yang tidak bersahabat dengan isi dompet. Khawatir jatah bulanan kamu, malah habis untuk membeli suatu barang yang ternyata malah bikin jerit dompet dan bisa bikin gigit jari karena harga yang melangit. 

Kan, ngeri! Hehehe.


0 comments

HUT Bukalapak