10 Adab Membaca Al qur'an

Image result for adab membaca alqur'anAl-qur'an sebagai kitab suci, wahyu illahi mempunyai adab tersendiri bagi orang-orang yang membacanya. Adab itu sudah diatur dengan sangat baik, untuk penghormatan dan keagungan Al-qur'an tiap-tiap orang harus berpedoman kepadanya dalam mengerjakannya.
Adapun mengenai adab lahir dalam membaca al-qur'an, selain didapati dalam kitab Ihya' Ulumuddin, juga banyak terdapat didalam kitab-kitab lainnya, Misalnya dalam kitab Al itqan oleh Al Imam Jalaluddin As Suyuti, tentang adab membaca Al qur'an itu diperincinya sampai menjadi beberapa bagian.


Diantara adab membaca Al qur'an, yang terpenting ialah :
    Image result for adab membaca alqur'an
  1. Disunatkan membaca Al qur'an sesudah berwudhu, dalam keadaan bersih, sebab yang dibaca adalah wahyu Allah. Kemudian mengambil Al qur'an hendaknya mengambil dengan tangan kanan; sebaiknya memegangnya dengan kedua belah tangan.
  2. Disunatkan membaca Al qur'an ditempat yang bersih, seperti: di rumah, di surau, di mushalla dan di tempat-tempat lain yang dianggap bersih. Tapi yang paling utama adalah di mesjid.
  3. Disunatkan membaca Al qur'an menghadap ke qiblat, membacanya dengan khusyu' dan tenang; sebaiknya dengan berpakaian yang pantas.
  4. Ketika membaca Al qur'an, disunatkan membaca ta'awudz, sesudah itu barulah membaca basmallah. Maksudnya, diminta lebih dahulu perlindungan Allah, supaya terjauh dari pengaruh tipu daya syaitan, sehingga hati dan fikiran tetap tenang di waktu membaca Al qur'an, terjauh dari gangguan atau godaan. Bisa juga sebelum atau sesudah membaca ta'awudz itu berdoa dengan maksud memohon kepada Allah supaya hatinya menjadi terang.
  5. Ketika membaca Al qur'an,  mulut hendaknya bersih, tidak berisi makanan, sebaiknya sebelum membaca Al qur'an mulut dan gigi dibersihkan lebih dahulu.
  6. Disunatkan membaca Al-qur'an dengan tartil, yaitu dengan bacaan yang pelan dan tenang, sesuai dengan firman Allah dalam surat (73) Al Muzzammil ayat 4.  Yang artinya : ".... Dan bacalah Al qur'an itu dengan tartil."
  7. Bagi orang-orang yang sudah mengerti arti dan maksud ayat-ayat Al qur'an, disunatkan membacanya dengan penuh perhatian dan pemikiran tentang ayat-ayat yang dibacanya itu dan maksudnya. Cara pembacaan seperti inilah yang dikehendaki, yaitu lidahnya bergerak membaca, hatinya turut memperhatikan dan memikirkan arti dan maksud yang terkandung dalam ayat-ayat yang dibacanya, yaitu membaca Al qur'an serta mendalami isi yang terkandung didalamnya. Hal itu akan mendorongnya untuk mengamalkan isi Al qur'an itu.
  8. Dalam membaca Al qur'an  itu, hendaklah benar-benar diresapkan arti dan maksudnya, lebih-lebih apabila sampai pada ayat-ayat yang menggambarkan nasib orang-orang yang berdosa, dan bagaimana hebatnya siksaan yang disediakan bagi mereka.    Image result for adab membaca alqur'an
  9. Disunatkan membaca Al qur'an dengan suara yang bagus lagi merdu, sebab suara yang bagus dan merdu itu menambah keindahan uslubnya Al qur'an. Rasulullah s.a.w telah bersabda .  Yang artinya: " Hendaklah kamu sekalian hiasi Al qur'an dengan suaramu yang merdu!"
  10. Ketika membaca Al qur'an janganlah diputuskan hanya karena hendak berbicara dengan orang lain. Hendaknya pembacaan diteruskan sampai ke batas yang telah ditentukan, barulah disudahi. Juga dilarang tertawa-tawa, bermain-main dan lain-lain semacam itu. Ketika sedang membaca Al qur'an, sebab pekerjaan yang seperti itu tidak baik dilakukan sewaktu membaca Kitab Suci dan berarti tidak menghormati kesuciannya.
Itulah diantara adab, tata cara yang terpenting yang harus dijaga dan diperhatikan, sehingga dengan demikian kesucian Al qur'an dapat terpelihara dengan sebaik-baiknya. Wallahu 'alam.

0 comments