Stress Management

Image result for stress managementSalam sejahtera untuk seluruh sahabat Famotiva dimanapun kalian berada, catatan ini saya tulis di pagi hari. Semoga kita semua tidak lupa untuk  bersyukur atas segala ni'mat dan karunia yang diberikan Allah SWT kepada kita. Untuk ni'mat bisa melihat sehinga teman-teman bisa melihat indahnya dunia hari ini, bisa mencium untuk merasakan aroma-aroma wewangian bunga, sedapnya aroma masakan, ni'mat bisa mengecap rasa, rasa kopi, susu, teh, dan lainnya.

Tak akan habis rizki yang diberikanNya kepada kita, tak bisa dihitung, tak bisa diungkap dengan kata-kata, namun dengan sebaris kata hamdalah merupakan satu hal yang harus kita lakukan sebagai salah satu bukti syukur untuk semua karunia yang diberikanNya kepada kita.

So, dont forget to say it, "Alhamdulillahirabbil 'alamin..." okay, by the way,, terkadang dalam hidup kita pasti  pernah merasa sedih, kecewa, terluka, kehilangan, menyerah, dan perasaan sedih lainnya. Menurut beberapa orang itu adalah hal yang wajar, namun jika hal ini terjadi terus menerus/berkelanjutan maka kita harus sesegera mungkin memperbaiki keadaannya, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan ya sob:
Sebelumnya mungkin ada teman-teman yang masih bingung "Apa sih stress management itu??" Manajemen stres secara ringkas yaitu keterampilan bagi manusia untuk mengatasi gangguan baik secara mental atau pun emosional yang ada. Nah  manajemen stres ini bermaksud untuk memperbaiki kualitas hidup kita agar lebih baik dan tertata.

Nah buat kalian yang ngalamin gangguan secara batin, gampang banget emosian,dll. Yuk coba deh lakukan beberap hal ini:

1. Terapi senyum
Image result for image smileMenurut ilmu kedokteran menyebutkan "tersenyum memperlancar oksigen yang akan mengalir kedalam otak, maka latihan otak yang terbaik adalah dengan tersenyum selama 5 menit". Bahkan para peneliti menyimpulkan, bahwa dengan tersenyum berarti  menggerakkan 230 otot dari total 630 otot dalam tubuh, tersenyum juga merangsang pelepasan hormon endorpin yang berguna: menghambat infeksi, mengurangi rasa sakit, mengurangi hormon stres, memperbesar kemampuan memerangi kanker, dan menghasilkan sumber daya hidup yang jauh lebih baik. Perlu kita ketahui ya kawan, senyum yang baik adalah dengan menyeimbangkan kedua sisi, yaitu dengan 2 cm ke kanan- 2 cm kekiri. Selain baik untuk diri sendiri tentunya dengan terseyum juga baik untuk orang lain yang melihatnya. Bukan begitu? :) so, keep smile and be happy guys... tunjukkan senyum terbaikmu ya.

2. Nafas naga
What nafas naga? apa lagi ni? nafas didepan naga? bukan itu loh ya. Terapi nafas naga artinya terapi dengan cara mengambil nafas secara perlahan, tahan dulu lalu  dilepaskan. So, apa hubungannya ama naga? nah uniknya naga adalah hewan yang sering disangkut pautkan dengan hewan yang jika berhembus mengeluarkan gas berapi seperti dibeberapa kartun, hehe... Jadi, jika kamu menarik nafas umpamakan seperti sobat sedang menarik seluruh beban dalam hidup lalu tahan sebentar dan hempaskan bebanmu hingga tak tersisa. Lakukan ini beberapa kali sampai kau merasa kondisi hati dan pikiranmu jauh lebih baik ya

3. Relaksi badan
Hmm, relaksi badan sih hal biasa ya sob, tapi coba pikirkan cara relaksi yang sifatnya lebih simple tanpa kamu perlu merepotkan orang lain atau menggunakan alat. Mulailah sobat semua untuk mengepalkan kedua tangan dan adu(tumbuk) di saat yang bersamaan antara satu dengan yang lain. Kemudian gantilah secara teratur, kemudian ubahlah posisi benturannya dari atas ke bawah secara bergantian. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa jauh lebih baik.

4. Relaksi jiwa
Relaksi jiwa bisa dilakukan dengan beberapa tahap, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan: 
Image result for image zikira. Dzikir (pikiran),  adalah metode penyatuan antara lisan dengan pikiran dalam rangka menyebut asma Allah SWT, Zat yang Maha segalanya. Dengan berdzikir secara khusyu maka pikiran akan lebih terjaga, mendekatkan jiwa dan pikiran akan terfokus hanya untuk Allah SWT.

b. Wudhu (tubuh),adalah salah satu metode yang bisa dilakukan untuk membersihkan diri baik tubuh dan jiwa. Nah jika  berwudhu dengan baik dan benar, maka akan membuat seluruh tubuh terileksasi, badan lebih bersih, hati lebih damai, pikiran lebih tenang.

c. Sabar dan shalat (pikiran, perasaan, tubuh), adalah sebuah metode yang begitu indah. Sebab jika seseorang sabar, dia akan lebih mampu mengendalikan gejolak hawa nafsunya. Hingga mampu mebentengi pikiran dan perasaan  dalam nilai positif. 
Sholat, sebuah ibadah yang memiliki jutaan manfaat, baik bagi segi lahiriyah ataupun batiniyah. Memusatkan titik hanya pada Allah SWT semata, mengagungkan kebesarannya, melepaskan segala problema dan mempasrahkan diri dihadapanNya. Dengan demikian, maka pikiran, perasaan dan tubuh akan lebih tertata, tersusun rapi dan lebih bersih dari sebelumnya.

Nah, berikut beberapa cara/tips yang bisa kita lakukan untuk  stress management  dalam diri kita ya sob. Selamat mencoba :)
Semoga bermanfaat




0 comments