7 Cara Berhenti Merokok yang Wajib Dicoba


merokok

Bagi seorang perokok aktif berhenti merokok adalah pilihan yang tentu tidak mudah. Namun, tidak mudah bukan berarti sulit. Anda tentu bisa melakukannya dengan kesadaran diri sendiri dan tanpa berat hati. Namun sayang, sebagian perokok aktif justru benar-benar berhenti saat sudah "payah" karena terjangkit penyakit akibat kebiasaan merokoknya yang sudah bertahun-tahun. 

Apa perlu Anda harus masuk rumah sakit lantaran efek dari kebiasaan merokok? Apa perlu Anda harus melihat pasangan atau keluarga Anda terkapar dan menderita akibat asap rokok yang mereka hirup setiap harinya? Apa Anda rela menggadaikan kesehatan demi kenikmatan yang sifatnya sementara? Coba renungkan, sebelum pembahasan kita lanjut. Nah, sekarang mari kita telusuri satu persatu cara agar bisa berhenti merokok dengan tuntas.

1. Niat

Niat itu perkara hati. Saat Anda memutuskan untuk hijrah atau pindah dari status perokok aktif menjadi bukan seorang perokok, maka hal yang perlu Anda tanamkan adalah niat. Keinginan. Kemauan. Bagaimana mungkin Anda bisa dengan cepat berhenti merokok jika kemauan saja Anda tidak punya. Maka sebelum rokok yang membahayakanmu, tinggalkan sekarang juga. Stop to smoking from now!

2. Ingatlah Motivasi Agar Berhenti Merokok

merokok
via pexels.com

Saat kemauan untuk meninggalkan kebiasaan merokok itu sudah Anda miliki. Selanjutnya Anda perlu mencatat motivasi Anda agar berhenti merokok. Misalkan, Anda ingin sehat dan berumur panjang. Ya, meski perihal umur adalah urusan Sang Pencipta, namun bukan tidak boleh kita berharap, kan? Jika Anda ingin menghabisi masa tua Anda dengan sehat bersama keluarga, maka tinggalkanlah kebiasaan merokok sejak dini.

Fyi, bahkan mayoritas wanita lebih menyukai pria yang tidak merokok? Karena apa? Di antaranya adalah mereka ingin hidup dengan pasangan dalam keadaan sehat dan dalam waktu yang lama. Oke, sampai sini semoga Anda menemukan banyak motivasi lainnya. Jangan lupa dicatat, bila perlu ingat selalu motivasi tersebut.

3. Terapi Bila Perlu

Memang tidak mudah untuk meninggalkan sebuah kebiasaan yang sudah mendarah daging bagi seorang perokok aktif. Dari yang biasanya menghisap rokok tiba-tiba berhenti begitu saja tentu butuh waktu yang berbeda-beda.  Jangan beralasan tak bisa karena sudah kecanduan nikotin. Jika Anda beralasan, artinya Anda belum siap 100% untuk move on dari status perokok aktif.

Hanya diri Andalah yang bisa mengendalikan diri sendiri. Baik buruknya kita mengenal. Namun, bila Anda berpikir terapi untuk meninggalkan bahkan berhenti 100% dari merokok itu penting, maka silahkan lakukan. Tentunya Anda berharap agar kebiasaan tersebut segera hilang, bukan?

4. Minta Dukungan dari Keluarga dan Teman

Sendiri tentu berat. Tapi tenang, ada keluarga, teman dan saudara yang bisa membantu Anda menjalankan misi ini. Minta tolonglah kepada mereka untuk membantu Anda agar "sembuh" dari kebiasaan merokok. Berpesanlah kepada mereka, jika melihat Anda kembali melakukan kebiasan semula (read: merokok), silahkan tegur, jika perlu ambillah tanpa izin. Percayalah, ini demi kebaikan Anda. Mereka pasti akan sangat mendukung niat baik Anda ini.

5. Jauhkan Diri dari Segala Hal yang Berkaitan dengan Rokok

merokok
via pexels.com

Sebagai seorang perokok, Anda memang harus berjuang ekstra untuk bisa cepat pulih dari kebiasaan tak baik tersebut. Anda juga tidak boleh melakukannya setengah-setengah. Anda harus menjauhkan diri dari segala hal yang berkaitan dengan rokok. Termasuk asbak, korek api atau apapun yang menjadi pelengkap saat Anda merokok. Singkirkan barang-barang tersebut. Bila perlu sembunyikan dan jauhi dari pandangan Anda. Sabar, semua pasti bisa Anda lakukan dengan baik. Percayalah!

6. Bergaulah dengan Lingkungan yang Positif

Pernah dengar alasan orang merokok itu karena pengaruh teman? Jika Anda salah satunya, pilihan yang perlu Anda lakukan adalah tinggalkan teman-teman perokok Anda. Tentu tidak mudah, bila Anda ingin berhenti merokok tapi tinggal dan berteman dengan sekumpulan perokok aktif. Maaf, disini bukan berarti Anda memutus pertemanan. Anda hanya perlu pergi sesaat ketika teman-teman perokok mulai melakukan rutinitas merokoknya. Yakinlah, ini keputusan yang tepat!

7. Rutin Berolahraga

merokok
via pexels.com
Yap, pada akhirnya olah fisik adalah jembatan kesuksesan agar Anda bisa say "Good Bye" kepada kebiasaan merokok. Anda bisa memulai dengan senam ringan, lari keliling komplek atau bahkan bersepeda. Selain sehat, kebiasaan berolahraga juga mampu membuat Anda untuk pelan-pelan meninggalkan kebiasaan merokok.

Cara-cara diatas hanyalah sebagian langkah yang bisa Anda terapkan untuk mengikis bahkan meninggalkan kebiasaan merokok. 
Jangan terhasut jika ada yang mengatakan merokok itu keren. Merokok itu sumber inspirasi. Merokok itu bla bla dan bla. Percayalah, Anda justru terlihat lebih keren dan bijak jika meninggalkan kebiasaan merokok. 
Ingatlah, merokok tidak hanya merugikan diri Anda, tapi juga orang-orang disekitar Anda. Maka sebelum terlambat, mulailah berhenti sejak sekarang. Anda pasti bisa. Selamat mencoba!



0 comments