Rahasia Sukses Nomor Satu dalam Buku "The 7 Habits of Highly Effective People"


Setiap orang bisa dipastikan ingin menjadi orang yang sukses. Entah dalam bidang apapun.

Saking inginnya menjadi orang sukses, setiap orang berlomba-lomba mencari cara dan upaya agar bisa sukses sesegera mungkin. 

Mulai dari usaha keras, bangun relasi bahkan memporsir waktu seakan menjadi suatu hal yang tak bisa dihilangkan.

Tapi...

Tahukah Anda? dalam sebuah buku yang berjudul "The 7 Habits of Highly Effective People" yang ditulis oleh Stephen R. Covey menuturkan bahwa proaktif menjadi kunci utama kesuksesan.
sukses

Buku "The 7 Habits of Highly Effective People" Karangan Stephen R.Covey 

Tentunya Anda tahu dong apa itu proaktif? Yap, proaktif alias lebih aktif dalam suatu hal. Dalam artian lebih aktif untuk sebuah kegiatan positif.

Nah, selain bergerak lebih aktif dari yang biasanya. Jangan lupa selalu imbangkan dengan prinsip dan tanggung jawab di dalamnya.

Misal, Anda ingin menjadi orang yang berhasil dalam membangun organisasi sosial. Artinya Anda diwajibkan untuk lebih aktif, berprinsip secara penuh dan bertanggung jawab dalam aspek kehidupan sosial. 

Tidak ada larangan sukses itu milik siapa. Apakah milik mereka yang kaya? Apakah milik mereka yang papa? Karena sukses hanya milik mereka yang selalu giat berupaya.

Maka sudah seharusnya Anda sukses dalam bidang yang diyakini itu hal yang baik. Ditambah lagi, bila hal tersebut dapat memberikan manfaat tak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain, tentu itu menjadi cambukan Anda agar bisa terus bergerak aktif.

Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain?

Nah, orang yang sukses ialah mereka yang berani keluar dari zona nyaman, tak hanya berdiam diri tapi juga mampu menjadi sosok yang dinamis. Bergerak cepat, tepat dan penuh dengan tanggung jawab.

Orang yang sukses pasti tidak suka berdiam diri. Dia tidak suka menunggu, tapi dia justru selalu berupaya untuk maju, bangkit dan segera mengerjakan apapun yang dia mampu.


Tidak menunda. Tidak suka menumpuk pekerjaan. Dan tidak suka untuk melanggar prinsip yang telah dibuat, termasuk prinsipnya sendiri.

Meski tidak mudah, namun proaktif bukanlah sesuatu yang sulit. Apalagi terhadap bidang yang Anda sukai atau mumpuni. Bukankah semakin Anda mencintai suatu bidang, semakin tinggi juga semangat Anda untuk bisa meraihnya dengan baik?

Demikianlah, setiap hal yang kita pilih, yang kita tentukan selalu akan memiliki konsekuensi atau akibatnya. Maka disanalah rasa tanggung jawab berperan. Ia berfungsi sebagai pendamping dari keputusan yang kita ambil.

Jangan takut dengan asumsi yang mematahkan semangatmu dalam meraih kesuksesan. Karena bukan hanya dirimu yang pernah melalui masa-masa itu. Masa dimana dituntut untuk lebih aktif dan lebih responsif terhadap sesuatu. Juga dituntut untuk lebih bertanggung jawab terhadap apapun yang Anda lewati.

Percayalah, Anda tidak akan mencapai suatu gerbang jika hingga kini hanya terdiam dan tidak melakukan apa-apa.

Jadilah sosok proaktif dalam hal apapun. Bahkan terhadap hal-hal yang Anda anggap itu remeh. 

Bukankah segala sesuatu yang besar itu berproses dari hal terkecil?
Dan bukankah seribu langkah dimulai dari sebuah langkah kecil?

Berproaktiflah dalam segala hal. Terutama dalam bidang yang Anda tekuni. Anda gemari. Dan Anda cintai.

0 comments