Apa Saja Cara Belajar yang Berkualitas?

berkualitas

Setiap orang pasti punya kualitas dan keunikannya masing-masing. Baik dalam bersosialisasi, bercerita, bermain bahkan belajar. Nah, sudah pasti dong setiap orang punya cara belajarnya sendiri. Mulai dari yang menjauhkan diri dari keramaian, corat-coret di buku catatan, bikin ringkasan sampai belajar sambil mendengarkan musik? Kok bisa gitu ya? Ya iya dong. Bahkan kembar identik pun memiliki perbedaannya sendiri.

Ya, apalagi kita yang jelas dari lahir memiliki bakat berbeda-beda. Tapi setiap kita pasti ingin menghasilkan sesuatu yang berkualitas, termasuk pola belajar, kan?

Meski setiap orang punya caranya tersendiri dalam belajar. Tapi hampir sebagian orang belum tahu bagaimana cara belajar yang berkualitas bagi dirinya. Ya mau gimana lagi, terkadang kita terlalu sibuk melihat cara belajar orang lain yang dipikir oke. Padahal belum tentu, cara belajar dia cocok untuk tipe sendiri. Sekarang, yuk kita cari tahu apa saja sih cara belajar yang berkualitas?

1. Luangkan Waktu Khusus untuk Belajar

berkualitas
Luangkan Waktu Khusus untuk Belajar
(via pexels)
Agar cara belajar kamu berkualitas, kamu harus pandai mengatur waktu. Belajar disini tidak terhitung saat kamu berada di kelas atau di tempat les ya. Tapi saat kamu berada di rumah. Sebisa mungkin kamu harus meluangkan waktu untuk fokus belajar. Baik itu mengerjakan tugas, membuat rangkuman, menyalin catatan teman jika kamu tertinggal bahkan untuk mengingat kembali materi yang telah guru ajarkan hari itu. Intinya, luangkanlah waktu. Bisa pagi, sore atau malam hari.

2. Luangkan Waktu Khusus untuk Bermain

Meski kamu adalah seorang pelajar, murid atau mahasiswa. Kamu perlu ingat tidak selamanya kamu harus belajar. Sewaktu-waktu, kamu juga perlu untuk menyegarkan pikiran, bermain bersama teman bahkan berlibur. Kenapa? Karena tak sedikit orang yang terlalu menargetkan diri untuk tekun belajar, sampai lupa istirahat atau bermain. Belajar boleh serius, tapi jangan lupa juga untuk main. Kalau perlu seringin. Supaya kamu juga semangat ketika kembali lagi berkutat dengan tugas dan catatan. Itu kata dosen yang sampai sekarang saya ingat lho!

3. Buat Target Harian 

berkualitas
Buatlah Target Harian
(via pexels)
Mau dong kualitas belajar kamu punya nilai yang baik. Artinya kamu juga harus memaksimalkannya dengan target harian. Misal, kamu membuat target untuk hari  A membuat ringkasan, hari B memahami rumus atau teori, hari C mengerjakan beberapa soal latihan di buku paket dan sebagainya. Target harian ini tergantung bagaimana kamu. Jadi buatlah seasyik dan semenarik mungkin. Demi terciptanya kualitas dan kenyamanan belajarmu.

4. Cari Tempat dan Lingkungan yang Nyaman

Penting banget nih, Guys! Dimanapun kamu belajar, baik di dalam atau di luar rumah usahakan cari tempat yang membuatmu nyaman. Mau kan bisa memiliki kualitas belajar yang maksimal? Cari dulu tempat yang sesuai dengan kepribadian kamu. Kalau kamu tipe orang yang konsen dengan suasana yang sepi, kamu bisa belajar di meja belajar. Kalau kamu tipe orang yang tidak peduli dengan suasana, mau ramai atau tidak, kamu bisa belajar di ruang tengah bahkan bisa dimanapun. Buat sefleksibel mungkin deh! 

5. Sertakan Hal yang Kamu Suka

Selanjutnya, agar kamu bisa memiliki kualitas belajar yang bagus, kamu bisa belajar sambil menyertakan sesuatu yang kamu suka. Misal, kamu suka belajar sambil ditemani kakak. Belajarlah bersamanya. Atau jika kamu orang yang doyan ngemil, maka belajarlah sambil ngemil. Jika itu membuatmu lebih nyaman dan konsen, mengapa tidak? Atau jika kamu tipe orang yang suka belajar sambil mendengar musik atau murotal Al-qur'an, cobalah. Jika hatimu bahagia, tentu kamu akan lebih senang saat belajar. Dan semakin cepat juga kamu menangkap materi yang kamu pelajari.

6. Jauhkan Gadget dari Genggaman

berkualitas
Jauhkan Gadget dari Genggaman
(via pexels)
Apapun namanya, baik gadget, smartphone, tablet dan jajarannya. Usahakan jangan belajar sambil bermain smartphone. Kamu mungkin berpikir, toh sebentar saja. Tapi siapa yang bisa jamin kalau nanti kamu malah keasyikan bermain sosmed, menonton video atau aktivitas lainnya. Niatnya sih belajar, tapi kalau sudah ketemu gadget duh bisa lupa deh niat kamu untuk belajar.

Oke, gampang kan?
Semoga membantu meningkatkan kualitas belajarmu ya friends!

0 comments