7 Cara Menangani Demam Panggung


Demam Panggung

Demam panggung atau yang identik dengan rasa gugup, cemas, waswas dan takut saat tampil di depan umum, terutama di atas panggung, adalah hal yang sangat tak diinginkan semua orang. Apalagi bagi mereka yang memiliki keperluan dan memang mengharuskan untuk tampil di depan. Demam panggung tentu  cukup mengusik hati juga pikiran.  

Alih-alih tampil kece maksimal, yang terjadi justru sebaliknya. Penampilan sangat tidak oke, bahkan terlihat sangat memalukan untuk diingat. Berbeda antara realita dan espektasi.

Nah, untuk itulah pada tulisan kali ini saya akan berbagi tips untuk menangani bagaimana cara kamu mengatasi demam panggung tersebut. Tentunya, tips kali ini berdasarkan pengalaman pribadi. hehehe.

Oke sip ya, kita lanjut!
Apa saja 7 cara menangani demam panggung?


1.       Kuatkan Tekad

Ini dasar banget. Supaya demam panggung tak hinggap dan mengacaukan semua harapan kamu saat tampil di hadapan publik, sewajarnya kamu harus memiliki tekad atau niat yang kuat. It’s so important!

Kalau kamu sudah punya niat yang kuat, ambisi yang maksimal, otomatis hati dan pikiran kamu akan fokus kepada tujuan. Kalau sudah fokus dengan apa yang dituju, kemungkinan besar rintangan-rintangan dianggap seperti angin lalu. Demam panggung pun bahkan menjadi hal remeh yang tak berarti.

2.       Kuasai Materi

Setelah kamu memiliki tekad yang kuat, selanjutnya hal terpenting yang tak boleh kamu sepelekan adalah penguasaan materi. Sebagai contoh, kamu akan tampil untuk pidato di acara wisuda karena terpilih menjadi mahasiswa berprestasi, maka kamu harus kuasai dan pahami apa yang pantas untuk disampaikan. Misalnya, rasa terima kasih kepada jasa dosen, terima kasih kepada pembimbing, teman-teman juga almater.

Selanjutnya, kamu bisa menyampaikan beberapa pesan atau motivasi kepada khalayak bagaimana semua itu bisa kamu raih. Intinya, sampaikanlah hal yang perlu disampaikan. Serta kuasai materi atau isi yang akan diutarakan. 

     3.   Berlatihlah Sebanyak Mungkin

Segala sesuatu itu perlu dilatih, bahkan orang-orang sukses pun sebelum tampil di hadapan publik mereka akan berlatih terlebih dahulu. Percayalah, bukan soal kecerdasan alasan utama seseorang bisa sukses. Tapi karena dia mau untuk terus mencoba dan berlatih sebanyak yang ia mampu. Nah, untuk mengatasi dan membasmi demam panggung, kamu harus banyak berlatih bro!

Misal, kamu  ingin tampil sebagai MC di acara pernikahan temanmu. Meskipun temanmu sudah mengenalmu, tapi orang yang akan datang sebagai tamu belum tentu akan mengenalmu seutuhnya. Maka berlatih, bisa membuatmu semakin lihai dalam bertutur kata di hadapan publik. Dan lagi, semakin banyak berlatih, semakin besar juga kemungkinan meminimalisir kesalahan.

 4.      Buatlah  Daftar Poin Penting

Demam panggung memang menyebalkan. Parahnya, demam panggung bisa mengacaukan segala sesuatu yang menurut kamu mungkin terlihat sudah matang. Sebab itu, cara untuk mengantisipasi agar itu semua tidak terjadi adalah dengan membuat daftar poin penting.

Contoh saja, kamu ingin tampil untuk presentasi mata kuliah administrasi bisnis. Kamu bisa membaca keseluruhan materi, lalu buatlah resume dan dari resume itu ambillah beberapa poin penting. Sehingga, poin itulah yang akan menjadi acuanmu saat tampil di depan kelas.

5.       Belajarlah Publik Speaking dalam Kehidupan Sehari-hari

Mungkin kamu tidak menyadari, bahwa lingkungan sangat mendukungmu untuk menjadi orang yang handal untuk berbicara. Sebagai contoh, kamu ikut organisasi atau komunitas, maka manfaatkanlah kondisi tersebut untuk membuatmu aktif dalam berbicara. Seperti memberikan masukan, ide, saran hingga kritikan terhadap suatu hal.

Orang yang terbiasa berani berbicara dengan orang lain, apalagi berani menyuarakan isi hati dan kepalanya ke khalayak, maka kemungkinan besar dia tak akan  cemas saat tampil di atas panggung. Bisa juga kamu berlatih dengan aktif diskusi kepada teman sebangku atau teman sekelas tentang suatu hal.

      6.  Anggaplah Publik Sebagai Teman

Entah ini berlaku untuk mengatasi demam panggung bagi orang lain atau tidak, tapi bagi saya menjadikan dan menganggap publik atau pemirsa seperti teman adalah cara ampuh mengatasi demam panggung. Ini cukup sering saya lakukan. Karena saat kamu menganggap mereka yang akan menjadi pendengarmu seperti teman, secara tak langsung energi optimis dan keberanian untuk berbicara di depan publik akan meningkat drastis. Bukannya demam panggung, justru kamu akan merasa asik dan tenang saat menyampaikan materi. 

7.    Berdoa

The power of dua’ is number one! Dalam hal apapun, doa adalah segalanya dan menjadi peringkat teratas agar kita bisa berhasil. Jangan anggap remeh doa, karena sekeras apapun kamu berusaha, tetaplah ada campur tangan Allah di dalamnya. Libatkan Allah dalam setiap urusan. Berdoalah pada setiap keadaan. InsyaAllah segala hambatan bukanlah apa-apa.

Sip ya! Semangat selalu. Yakinlah bahwa kamu bisa dan mampu untuk mengatasi demam panggung tersebut.

Selamat mencoba!


0 comments

HUT Bukalapak