Tantangan, Peluang dan Kesiapan Generasi Millenial Menghadapi Making Indonesia 4.0


Pesatnya perkembangan di era digital, membuat segala kemustahilan di masa lampau menjadi kemungkinan di masa kini. Jika zaman dulu, zaman dimana nenek moyang kita melakukan transaksi  jual beli dengan perjuangan dan kepayahan. Seperti peluh yang menghiasa dahi, rela berhimpitan tempat strategis di pasar dan harus siap berbecek-becekan di tengah rintiknya hujan, kini semua menjadi cerita pada masanya.


Tak hanya zamannya yang berkembang, namun teknologi dan pesatnya pengetahuan seputar bisnis pun semakin mudah dipelajari oleh setiap kalangan. Tanpa memandang gender, apalagi membatasi usia. Semua memiliki kemampuan yang sama untuk bisa berkontribusi dan memulai bisnisnya di era digital yang begitu menjanjikan.

Dengan segala kelebihan sarana dan akses yang tersedia, semua hal tersebut tentulah menunjang setiap individu untuk bisa memulai dan mempelajari ranah digital entrepreneur pada dewasa kini. Tergantung, apakah kita siap untuk membuka diri dan mau mempelajari itu semua? Atau hanya duduk manis, nyaman sebagai penonton saja?

Maka, sebelum orang lain yang menduduki 'singgasana bisnisnya", ada baiknya kita sendirilah yang terlebih dahulu menguasainya. Ya, menguasai segala ilmu dan memahasi segala tantangan dan peluang pada dunia  e-commerce maupun entrepreneurship di Indonesia.


Selain tantangan juga peluang yang tersedia, kita sebagai orang-orang yang mengakui bagian dari generasi Millenial juga harus siap untuk menghadapi  Making Indonesia 4.0.

Sebenarnya, apa itu Making Indonesia 4.0?
Sudahkah kita dan generasi Millenial lainnya siap dalam menghadapi Making Indonesia 4.0?

Sebagaimana yang dimuat pada laman Kompas, bahwa kini dunia tengah memasuki revolusi industri ke-4. Dimana pada masa ini, industri erat kaitannya dengan pemanfaatan mesin-mesin modern yang terintegrasi jaringan internet. Dengan adanya hal tersebut, Indonesia memiliki keyakinan bahwa Making Indonesia 4.0 mampu untuk menunjang proses industri pada manufaktur semakin produktif dan efektif dalam kinerjanya. Dengan kata lain, hal ini bisa memberikan dampak dan dorongan yang signifikan dalam kemajuan manufaktur di Bumi Pertiwi.

Untuk tantangan juga peluangnya, tentu dapat terlihat oleh masyarakat juga pelaku bisnis di belahan manapun. Namun untuk kesiapannya sendiri, sudahkah kita sebagai generasi Millenial  siap dalam menghadapi Making Indonesia 4.0?

Referensi: Making Indonesia 4.0, Momentum Industri Indonesia Mapan, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/26/150600426/making-indonesia-40-momentum-industri-indonesia-mapan. 


0 comments

HUT Bukalapak