Roadshow Bisnis Anak Muda 2018 (Part II)

Masih berbicara tentang bisnis, mungkin banyak dari pembaca sekalian yang masih bingung mau memulai bisnis dari mana. Juga yang udah mulai merintis bisnis tapi masih gitu-gitu aja, pengen maju tapi bingung harus bagaimana.. atau ada juga yang udah berkembang tapi pingin lebih maksimal. Jika ya maka salah satu hal yang harus anda lakukan adalah mendalami ilmu SEO.
Gambar 1:  Gathering BAM 2018

Baca juga tulisan sebelumnya: Roadshow Bisnis Anak Muda 2018 (Part I)

Berbicara tentang SEO, pas banget nih materi terkait SEO disampaikan langsung oleh pemateri yang ahli dalam bidangnya. Beliau adalah pak Darmanto selaku SEO Expert. Untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang pak Darmanto silahkan kunjungi web www.Darmanto.com atau www.studioweb.co.id 
Klop banget buat kalian yang ingin mendalami ataupun mempraktekan ilmu SEO ini. hehehe...

Bicara tentang SEO. 
SEO itu apa sih? SEO itu singkatan Search, Engine, Optimatization. 
InsyaAllah temen-temen pasti udah banyak yang tahu bahkan udah mulai mempraktekannya. Jadi, penulis lanjut aja ya..

Terus, Apa tujuan SEO?
  1. Membuat web kita tampil dihalaman satu search engine
  2. Mendatangkan visitor tertarget
  3. Menghemat biaya pemasaran
Jadi istilahnya gini friends, SEO ini amat sangat ngebantu banget buat kalian yang terjun di bisnis online. Secara lewat ilmu SEO ini, baik yang buka usaha, jasa, dll. akan membuat website kalian berada di posisi teratas pencarian pada halaman pencarian di mbah google.

Ini dia alur kerja SEO: Riset keyword - Penerapan keyword - Proses SEO - Hasil
Proses SEO ini terbagi dua: SEO Onpage dan SEO Offpage.

Next,
Sekarang kita beralih ke materi terakhir yang disampaikan oleh pak Aaron Blenda selaku CMO Alona. Mastah ini berbagi ilmu seputar Facebook Ads. Jujur, buat pemula kaya saya temanya lumayan butuh konsentrasi tinggi.. hehe. 

Oya, kenapa sih harus Facebook Ads? 
  1. Karena 2.07 miliar pengguna facebook (so, cocok banget buat digunakan para pembisnis online)
  2. 1,15 miliar pengguna facebook setiap harinya
  3. 80% dari seluruh pengguna internet
  4. Platform paling tertarget
  5. Hasil cepat dan terukur
  6. Meningkatkan jangkauan, interaksi, traffic dan omset

Udah nih tau Facebook Ads itu apa dan kenapa harus Facebook Ads milihnya. Sekarang apa sih goal yang akan diperoleh dari penggunaan Facebook Ads?
  1. Brand awareness
  2. Reach
  3. Website traffic
  4. Video views
  5. Lead generation
  6. Post Engagement
  7. Page Likes
  8. Event Responses
  9. Conversions 

Well, tiba nih pada kesimpulan. Sebenernya ada banyak banget ilmu yang didapat dari roadshow Bisnis Anak Muda 2018 di Mustikasari Convention Hall kemarin. Tapi berhubung nulisnya manual alias make pulpen sama notes jadilah keteteran kalo semua ditulis. Sisanya saya lebih banyak menyimak. hehe..
Gambar 2: Dokumentasi Penulis
Oya, di tulisan ini penulis juga mengucapkan terimakasih kepada seorang rekan yang telah menginformasikan acara ini. Semoga planning  segera terwujud dan sukses selalu.

Lanjut, sebenarnya ilmu-ilmu seputar bisnis bisa teman-teman dapatkan dimanapun dan kapanpun. Secara sekarang zaman digital, banyak kemudahan yang bisa teman-teman akses. Bisa belajar lewat google, youtube, webinar, channel-channel bisnis, bahkan buku-buku bisnis juga banyak. Tinggal dipercantik dengan memperluas relasi bisnis, supaya ilmu makin joss. 

Tapi semuanya kembali pada anda. Apakah mau mulai atau hanya berdiam saja. 

Terus kalau bingung mau mulai bisnis apa? 
Teman-teman gak perlu bingung, bangunlah bisnis atau usaha yang sekiranya teman-teman menguasai bidang tersebut. Misal jago masak, coba buka usaha kuliner. Pasarin deh produknya di sosial media, website atau kalau mau makin top martkotop kuasai ilmu SEO dan teknik-teknik lainnya. Terus buat anda yang punya keahlian desain atau jasa, boleh banget tuh buka bisnis jasa yang sesuai dengan keahlian anda. Contoh jasa membuat banner, spanduk, kartu nama, dsb. InsyaAllah kalau sesuai bidang yang kita kuasai, ngejalaninnya pun akan sepenuh hati. Yaa gak? hehe
Naah, supaya bisnisnya makin semangat. Niatkan semua karena Allah Ta'ala. Tak apa lelah, asal Lillah. 

Jadi kalian mau buka bisnis apa nih?
Atau sudah mulai merintis?
Apapun itu semoga berhasil ya. 
Yang pastinya jangan putus asa. Karena sukses gak ada yang instan. :)

Sekian,
Semoga Bermanfaat

Noted: Bila ada kesalahan tulisan ataupun isi materi mohon dimaafkan. Penulis menulis berdasarkan apa yang penulis dapatkan dari gathering roadshow. Jika ada kritik atau saran silahkan tinggalkan komentar anda. ^^

-Famotiva



2 comments