Wah Ternyata Diskusi Itu Penting Loh! Yuk Simak Ulasannya

Diskusi, diskusi, diskusi. Sebuah kata yang rasanya udah gak asing lagi untuk kita ya? Entah untuk siswa yang masih di sekolah dasar, menengah, atas, mahasiswa apalagi orang dewasa. Rasanya diskusi itu seperti buah asem di sayur asem, menjadi pelengkap yang harus ada. Nah begitu juga diskusi dalam kehidupan manusia, sangat dibutuhkan.

Mungkin kita pernah berasumsi belajar itu hanya lewat buku, modul, e-book, seminar, dsb. Tapi pernahkah kita menyadari dengan berdiskusi secara tak langsung kita telah belajar. Contoh dalam suatu organisasi biasanya sering diadakan diskusi antara satu dengan yang lain. Otomatis dengan berdiskusi terjadilah tukar pikiran, adu pendapat, berbagi informasi, membahas segala hal yang dia tahu atau yang mungkin kita tahu.

Tentu ini amat berpengaruh terhadap wawasan seseorang. Kita akan menyaring informasi dari satu rekan ke rekan yang lain. Jika sebelumnya kita tidak tahu, akhirnya menjadi tahu. Awalnya tidak paham lantas menjadi paham. Disinilah urgensi yang mungkin tak kita sadari. Dengan berdiskusi artinya kita belajar dari orang lain. Bertukar pikiran, berbagi wawasan. Wah, bukan tidak mungkin pola pikir kita akan semakin berkembang.

Makin sering sesorang berdiskusi, tentu akan berpeluang untuk memiliki wawasan yang lebih. Pastinya yang didiskusikanpun harus topik yang berpengatahuan dan bermanfaat ya sob…Bahkan Rasulullah menganjurkan kita untuk banyak berdiskusi, berkumpul dan bergaul dengan orang-orang besar, para ulama dan orang bijak.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, artinya: “Banyaklah duduk dengan orang-orang besar, Banyaklah bertanya pada ulama. Dan bergaullah dengan orang-orang bijak.” (HR. Ath Thabrani, dari Abu Juhaifah)

Oke, tapi satu hal yang perlu diingat nih sob, liat sikon juga alias situasi dan kondisi orang yang kita ajak diskusi.  Jangan sampai kita justru berdiskusi di waktu yang kurang tepat, misal orang yang diajak diskusi sedang buru-buru, terlihat capek karena baru pulang kerja, atau sedang sibuk. Dikhawatirkan bukannya mendapatkan informasi malah bikin sensi. Ehehe….

Diskusi ini bukan sebatas hal-hal formal aja ya. Tidak perlu harus di kelas, rapat organisasi, acara kampus, dsb. Diskusi bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun kalian mau.

Gimana setuju kan kalau diskusi itu penting?


0 comments