Menulis Seasyik Melukis, dengan 5 Tips ini!


Duh, siapa sih yang bilang melukis itu susah? Gampang ko. Ya, asal tahu teknis dan berani memainkan seni lukis saat berkarya. Begitupun dalam dunia literasi. Soal tulis menulis, kamu harus berkarya sepenuh hati serta memahami teknis menulis yang baik. Nah, apa aja sih tips menulis  agar bisa seasyik melukis? Yuk, cari tahu jawabannya, dibawah sini.

1. Cari Ide dari yang Terdekat


Menulis itu mudah ko. Tidak ada rumus khusus dan tidak ada aturan main yang rumit. Namun, tanpa disadari justru dirimulah yang membuat menulis adalah sesuatu yang sulit.

Nah, agar menulis itu mudah dan asyik seperti melukis, kamu tidak perlu mencari ide aneh-aneh. Atau mencari ide yang jauh dari bayanganmu. Sebenarnya ide itu dekat. Hanya dirimu yang mungkin tidak menyadarinya.

Apa sih ide yang dekat itu? Contoh kamu adalah mahasiswa semester akhir yang tengah memperjuangkan skripsi. Kamu bisa membuat tulisan seputar skripsi, ide-ide brilian yang bisa kamu bahas dalam skripsi, tips agar cepat di Acc dosen pembimbing, trik agar tidak boros kertas selama bimbingan, dan masih banyak lagi.

Lain lagi ceritanya, bila kamu seorang karyawan. Kamu bisa menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia pekerjaan. Kamu juga bisa membahas seputar pengalaman bekerja sebagai pemula. Dan ya, ide-ide terdekat lainnya.

Percayalah, ini sangat membantumu dalam berkarya. Ide yang dekat, akan membuatmu menjadi lebih asyik saat menulis!

2. Gunakan Bahasa Sehari-hari


Memang seperti yang kita tahu, setiap orang punya cara yang menarik dalam menuangkan gagasan. Baik dalam berbicara ataupun menulis. Ada yang lebih cocok dengan bahasa baku, ada yang lebih suka bahasa sehari-sehari, bahkan ada yang lebih memilih kiasan.

Soal kamu mau menggunakan bahasa yang mana, tentu itu menjadi hakmu. Pilihanmu yang bebas kau tentukan. Namun, ada baiknya dalam menulis, gunakanlah bahasa sehari-hari yang biasa dipakai oleh kebanyakan orang. Hal ini berlaku baik  saat kamu menulis fiksi atau nonfiksi.

Dengan begitu, kamu tidak akan kesulitan untuk menuangkan gagasanmu. Kamu tidak perlu bingung harus memakai bahasa yang seperti apa.Toh, bukankah maksud menulis agar si pembaca paham apa yang kamu sampaikan. So, jangan bikin rumit. Gunakanlah yang mudah untuk dipahami. Baik untuk dirimu atau para pembaca.

3. Biasakan Menulis


Gimana mau asyik menulis, kalau nulis aja jarang-jarang? Mau nulis tapi nunggu guru suruh. Ingin nulis di blog, tapi nunggu dosen kasih perintah. Belum lagi alasan super klasik lainnya. Masalah  moodlah, waktulah, inspirasilah, dan masih banyak deretan alasan lainnya.

Yah, kalau gitu caranya, gimana bisa nikmatin aktivitas menulis? Gimana bisa ketagihan untuk nulis. Apalagi sampe bener-bener ngerasa asyik untuk menulis?

Sekali lagi, menulis itu mudah. Agar menulis bisa seasyik melukis, biasakanlah menulis. Ya, menulislah kapan pun dan dimana pun. Baik menulis secara offline atau online. Entah menulis fiksi atau non fiksi. Kuncinya, biasakan. Sebab pepatah bilang alah bisa karena biasa. Jadi, biasakanlah untuk menulis ya!

4. Luangkan Waktu untuk Menulis


Menulislah di waktu luangmu. Jangan menulis di waktu sisamu. Iya, sisa. Sisa dari kelelahanmu setelah bekerja atau sekolah seharian penuh. Duh, jangankan nulis deh. Ketemu kasur juga udah lupa deh kalo kamu masih punya agenda untuk menulis.

Nah, agar bisa tetap menulis dengan asyik seperti melukis, sediakanlah waktu luang untukmu menulis. Contohnya, menulislah di selepas subuh atau saat jam istirahat. Selain bisa mengefektifkan waktu, kamu juga akan lebih disiplin dalam menulis.

Awalnya mungkin tidak mudah, apalagi bagi kamu yang super sibuk. Tapi percayalah, di luar sana banyak kok para pengusaha yang tetap produktif menulis di tengah kesibukannya. Yuk, tunggu apalagi. Luangkanlah waktumu untuk berkarya dalam tulisan!

5. Jadilah Orang yang Percaya Diri


Nah, menulis juga bisa seasyik melukis ko. Jangan khawatir, untuk bisa menjadi seorang penulis yang menikmati tulisannya, kamu memang harus terus berlatih. Selebihnya kamu hanya perlu Pe-De alias percaya diri.Sungguh deh, mau sebagus apapun karyamu, secantik apapun permainan diksimu, tapi kalau kamu nggak pede untuk membagikan tulisanmu. Maka tiadalah artinya tulisan itu.

Makanya, menjadi seorang yang percaya diri itu penting, lho! Termasuk saat kamu terjun dalam dunia literasi. Karena ketika kamu percaya dengan tulisanmu, maka semuanya akan terasa mudah.


Baca juga tulisan lainnya, disini.

Oke, 5 tips menulis agar bisa seasyik melukis tadi sudah dibocorkan. Kamu hanya perlu mempraktekannya sesegara mungkin. Selamat mencoba!


0 comments