Tips Menjadi Blogger Berprestasi Oleh Murtiyarini




Menjadi seorang blogger yang berprestasi tentu menjadi impian para penggiat dunia blogging. Sebab, pencapaian tersebut tentu akan melahirkan peluang-peluang emas bagi blogger. Seperti penawaran kerja sama untuk mengulas produk sebuah branding, penawaran project menulis dari media, kerja sama untuk menjadi reporter untuk meliput acara besar, dan masih banyak lagi kesempatan menarik lainnya. Bahkan deretan prestasi yang telah dicapai oleh blogger juga menjadi nilai plus untuk personal brandingnya.

Berbicara tentang blogger yang berprestasi, tentu tak perlu diragukan lagi bahwa bangsa ini memiliki para pegiat blogging yang begitu berkompeten. Dari sekian banyak, kita akan belajar bersama dengan mba Murtiyarini, blogger yang memiliki jajaran prestasi dalam kiprahnya terhadap dunia blogging.

Blogger wanita yang satu ini akrab disapa sebagai mba Arin. Ia adalah wanita kelahiran tahun 1977. Mba Arin merupakan alumni S1 IPB, jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan. Kini, ia sibuk bekerja menjadi bendahara/staf kependidikan di lingkungan IPB. Bahkan, sejak tahun 2009, ia telah menjadi seorang PNS.

Di tengah kesibukannya bekerja, ia tak luput untuk tetap menekuni passionnya, yaitu menulis. Hal ini terbukti melalui tulisannya yang terbit di berbagai media cetak dan online, buku dan blog pribadinya. Untuk personal blognya sendiri bernama asacinta. Variasi tulisan memenuhi blognya, mulai dari konten untuk ajang kompetisi, review produk, reportase, opini dan masih banyak lagi.



Tak cukup sebagai seorang blogger, wanita yang memiliki hobi menulis ini juga seorang penulis lepas. Hal ini terbukti dengan adanya jajaran prestasi yang dimuat pada laman Curicullum Vitae di blog asacinta. Ada 55 pengalamannya menulis dengan media. Di antaranya adalah Indonesian Morning Show, sebagai Srikandi Blogger, NET TV 8 April 2014; Rubrik School Buzz dimuat di Majalah Bobo 23 Mei 2013; Menulis konten untuk Indosat, dimuat di Indosat Februari 2013; Satu dari Penulis 9 Gain Moment Great Stories, dimuat di PT. Abbot Nutrition Januari 2011. Tak hanya itu, masih banyak lagi deretan pengalamannya dalam menulis dengan media yang telah diraih oleh sosok blogger wanita satu ini.



Selain prestasinya dalam menulis di media, rupanya mba Arin acap kali menjadi pemenang lomba menulis. Bukan hanya sekali atau dua kali saja. Wanita yang mengenal dunia blogging tahun 2008 ini, memiliki kurang lebih 109 prestasi yang telah ia raih. Di antaranya adalah juara 1 Lomba Menulis Anmum Bunda Inspiratif, penyelenggara Fonterra, Maret 2013, Hadiah Samsung Galaxy Note 2 senilai Rp. 8.000.000; Juara I Lomba Blog Pertamax (Childhood dan Pertamax; Menanamkan Konsep Kebaikan Masa Depan, penyelenggara Pertamax- Pertamina), Juli 2013. Hadiah HP Nokia Lumia dan Voucher Pertamax Rp. 1.000.000; Juara 1 Lomba Blog Cibinong City Mall, Juli 2018, berhadiah voucher 3 juta, dan tentu masih banyak lagi prestasi-prestasi gemilang yang telah ia dapatkan.

Sebagai blogger dan penulis yang berprestasi, tentu mba Arin memiliki tips tersendiri bagaimana akhirnya ia memiliki banyak pengalaman memukau dan kemenangan dari berbagai ajang lomba dan event.

Nah, penasaran dong, apa saja tips yang dimiliki ibu dari dua anak ini, agar bisa menjadi blogger yang berprestasi?



Pertama, jadikanlah blog sebagai sarana untuk mengabadikan karya dan wadah untuk berbagi inspirasi kepada orang lain. Sehingga akan selalu semangat dan tak pernah menyerah meski jatuh berkali-kali.

Kedua, jangan hanya fokus untuk mengejar hadiah saat mengikuti kompetisi blogging. Tapi, kerahkanlah kemampuan agar menebarkan semangat positif kepada sesama, terutama para pembaca.

Ketiga, saat mengikuti lomba blog, bangunlah rasa percaya diri, sportivitas dan semangat yang tinggi. Serta imbangi kemauan untuk terus belajar dari hal-hal baru.

Keempat, jadikan kegiatan blogging sebagai passionmu. Karena bagi mba Arin dengan passion maka kita akan selalu meluangkan waktu. Juga akan rela mencurahkan segala ide dan kreativitas sebaik-baiknya.

Nah, keempat tips di atas bisa kamu coba agar menjadi blogger berprestasi seperti mba Arin. Apalagi, bagi kamu yang saat ini merasa kegiatan blogging kamu gitu-gitu aja, tips di atas bisa membuatmu makin bersemangat deh! Sudah seharusnya nih, pompa lagi kreativitasmu dan teruslah mencari ide-ide yang unik dan menarik untuk ditayangkan.

Bagi kamu yang ingin mengenal mba Arin lebih jauh atau ingin bertanya-tanya seputar pengalamannya menjadi blogger silahkan kontak melalui email murtiyarini@yahoo.com. Semoga kamu bisa menjadi blogger berprestasi selanjutnya ya, Guys!

0 comments