5 Film Islami yang Memotivasi dan Menyentuh Hati


Halloha, semua! 

Dari sekian banyak film yang bagus dan menarik. Kali ini, saya akan membahas tentang beberapa  film yang terbilang inspiratif, sarat hikmah dan recommended banget untuk kamu tonton. Film ini mengandung unsur islami dan bisa dinikmati oleh seluruh kalangan, baik tua juga muda. 

Bahkan, kalau bisa jangan nonton 5 film ini sendirian. Ajaklah keluarga atau temanmu untuk menyaksikannya bersama! Biar makin greget! 

Oia, satu lagi. Siapkan tisu. Karena kelima film ini benar-benar mengundang air mata untuk tumpah dan siap jatuh membasahi pipi. Huhu.

Adapun, 5 film islami yang memotivasi dan menyentuh hati yang akan dibahas kali ini adalah:

1. Children of Heaven

film
Source image: Google
Anak 90-an mungkin tak asing lagi dengan film yang berasal dari Iran ini. Bachecha- Ye aseman, begitu nama persianya, merupakan sebuah film yang sangat inspiratif dan sangat dinikmati oleh para pencinta film, tak hanya dari tanah air tapi juga luar negeri. Lihat saja dari judulnya, yang bisa diartikan sebagai anak-anak surga. Pertama kali saya menyaksikannya semasa masih duduk di sekolah dasar dan diputarkan oleh guru saat itu, benar-benar membuat haru melihatnya.

Film ini bercerita tentang perjuangan sepasang kakak beradik, bernama Ali dan Zahra. Kisah tentang hilangnya sepatu sekolah Zahra, yang tanpa sengaja hilang di pasar saat Ali sedang belanja sayuran. Karena merasa bersalah, Ali pun menawarkan untuk sepatunya dipergunakan sang adik. Jadi, mereka bergantian memakainya. Hal ini dikarenakan orang tua mereka belum memiliki uang untuk membeli sepatu baru, karena kondisi keuangan mereka juga tidak mendukung. Bahkan,  sepatu Ali yang mereka pakai secara bergantian pun sebenarnya tak layak. Karena rusak cukup parah. Sampai akhirnya, ketika ada perlombaan di sekolah Ali, ia ingin mengikutinya dan mengincar menjadi juara 3, karena akan mendapat hadiah sepatu.


2. Hafalan Shalat Delisha

Source image: Google
Anak Indonesia pasti tahu dong film yang satu ini. Film yang menceritakan sosok Delisa, gadis kecil yang selalu tampil ceria dan polos layaknya anak kecil ini bukanlah film biasa. Film yang sukses mengundang simpati ini diangkat dari novel karangan Tere Liye awal mulanya. Meskipun rilis sejak Desember 2011, film ini sering kali disetel ulang di layar tivi. Adapun klimaks film ini manakala gempa dan tsunami datang melanda Lhok Nga, Aceh pada 26 Desember 2004. Dari musibah itu, ia harus kehilangan ibu dan kakak-kakak kesayangannya, bahkan harus kehilangan kaki kananya karena luka parah yang membuatnya diamputasi.

Nyatanya, meskipun kepelikan dan ujian menimpa Delisa. Ia bisa bangkit dan memberikan energi positif bagi orang-orang sekelilingnya. Di usianya yang masih kecil, ujian tak membuatnya berhenti menjadi gadis yang ceria, peduli dan berani menghadapi segala tantangan hidup. Menonton filmya, siap-siap kamu harus menangis dan dibuat haru dengan kisahnya.

3. My Name Is Khan

Film bollywood ini merupakan garapan dari sutradara ternama, Karan Johar. Film yang dibintangi oleh Shahrukh Khan ini termasuk kategori film yang cukup populer dan membuat kita berdecak kagum menontonnya. Sebagai penderita Asperger's syndrome, Rizwan (nama tokohnya) dia berusaha menunjukkan kepada khalayak bahwa dia bukanlah teroris seperti yang orang lain nilai. 

Dari film ini, berpesan bahwa kekurangan bukanlah menjadi alasan bagi seseorang untuk menjadi yang terbaik, karena setiap ada kekurangan pasti juga ada kelebihan. Selain itu, kita juga mengambil hikmah bahwa berbuat baik tidaklah memandang perbedaan ras, suka, warna kulit hingga agama. Juga, masih banyak lagi pesan moral lainnya.

4. Sang Kiai 

Source image: Google
Film yang rilis Desember 2013 lalu menuangkan kisah drama tentang perjuangan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari semasa penjajahan Jepang, sekitar tahun 1942. Adanya larangan-larang seperti berkibarnya Sang Saka Merah Putih, juga dilarangnya memutar lagu kebangsaan (Indonesia Raya) hingga menuntut paksa rakyat mengerjakan sekerei. Yang sejatinya, menyimpang dari ajaran Islam. Dari film ini kita  pun belajar sejarah dan bisa meneledani tangguhnya para pahlawan dalam perjuangannya untuk negara, tapi juga untuk agama. MasyaAllah ya.

5. Negeri 5 Menara

Source image: Google
Film yang diangkat dari novel best seller ini keren banget deh! Yang pernah jadi santri, kalau nonton ini dijamin akan auto-nostalgia. Hehehe. Secara film ini mengambil plot kehidupan pesantren. Dimana film ini mengulas kisah 6 santri yang sama-sama bermimpi untuk mampu "menaklukan dunia". Dari film ini, kita belajar tentang kalimat "Man Jadda Wa Jada". Artinya, siapa yang bersungguh-sungguh pasti dapat. Jangan takut untuk bermimpi, jika kita bersungguh-sungguh berusaha mewujudkannya maka kita pasti bisa mendapatkannya!

Itulah, 5 film islami yang memotivasi dan menyentuh hati. Aslinya, ada banyak sekali film-film yang bagus dan bisa dipetik hikmahnya sebagai pembelajaran untuk kita.





0 comments