Manfaat Blog dalam Dunia Entrepreneur




Menjadi seorang entrepreneur di zaman sekarang, seakan menjadi hal yang paling diminati dan digiati oleh generasi saat ini. Bahkan, seorang entrepreneur bisa dijalani sembari menjadi karyawan, ibu rumah tangga, pelajar, hingga blogger.

Salah satu blogger yang saat ini memiliki kesibukan sebagai seorang entrepreneur adalah Roswitha Jassin. Kebanyakan dari kamu mungkin sudah mengenalnya. Di sela-sela kesibukannya, rupanya ia adalah seorang pengusaha wanita. Ternyata, aktivitas ngeblog juga bisa mendukungnya  untuk menjadi seorang entrepreneur yang berhasil.

Jika ada di antara rekan blogger yang juga ingin menggeluti dunia entrepreneur, yuk kita pelajari manfaat blog dalam dunia entrepreneur dari sosok Roswitha Jassin!

Sekilas tentang Roswitha Jassin


Blogger yang juga seorang entrepreneur ini bernama Roswitha Jassin. Akrab juga disapa sebagai mba Witha. Ia merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara dimana kedua orangtuanya yang berasal dari Gorontalo. Perempuan yang satu ini lahir di Jakarta pada Juni 1983.

Rupanya, jiwa entrepreneurnya mungkin terasah dari jurusan yang ia pilih di masa kuliah. Kala itu, ia menempuh pendidikan Strata 1 di Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti jurusan Manajemen Keuangan dan Strata 2 di Institute Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) Jakarta, dengan studi Master of Business Administration.

Profesinya sebagai entrepreneur tidak datang serta merta. Setelah mba Witha menjalani karir sejak tahun 2005 di berbagai industri antara lain consumer goods, perbankan dan insurance. Kemudian tahun 2012 ia memutuskan untuk fokus mengelola beberapa usaha. Di antaranya di bidang kuliner dan fashion. Hingga saat ini ia berprofesi sebagai entrepreneur dan blogger.

Perjalanan Blogging Roswitha Jassin

Tahun 2008, mba Witha sudah hobi menulis di blog sendiri. Sharing persiapan pernikahan pada platform Multiply menjadi awal titik perjalanannya di dunia blogging. Kemudian, tahun 2012, ia beranjak ke platform blogspot, yang semula adalah www.roswithajassin.blogspot.com kemudian beralih ke top level domain di www.rj-story.com atas saran blogger senior kepadanya. Adapun profesi entrepreneur dan blogger kini dirintisnya beriringan dengan statusnya sebagai seorang istri.

Sebagai seorang blogger, ia memilih untuk menulis hal yang disukainya dalam blognya. Karena traveling dan wisata kuliner adalah hobinya, maka seputaran itulah yang ia tuangkan dalam blog yang dikelolanya. Selain itu, ia pun memiliki minat dalam bidang industri fashion dan beauty. Akhirnya halal lifestlye lah yang dipilih untuk niche blognya.

Kemudian pada tahun 2014, mba Witha mulai mendapat tawaran pekerjaan untuk review produk di blognya. Manfaat ngeblog benar-benar ia rasakan. Bahkan, ia pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog dan mendapat hadiah berlibur ke Puncak dan menginap di salah satu hotel berbintang di sana. Sejak itu, tawaran job review  semakin banyak mba Witha dapatkan.

Perjalanan Sebagai Entrepreneur


Titik perjalanan sebagai seorang entrepreneur dimulai tahun 2011. Diawali  dengan bidang kuliner. kemudian tahun 2012, mba Witha pun mulai membuka bisnis baru di bidang fashion. Rupanya, sebelum memutuskan berbisnis, ia telah membaca buku karya Robert T.Kiyosaki yang berjudul “Rich Dad Poor Dad” dan “Cashflow Quadran. Dari sanalah akhirnya ia mendapatkan inspirasi untuk membangun “My Own Thing”, yang kini menjadi bisnisnya.

Manfaat menjadi seorang entrepreneur begitu ia rasakan. Dalam membangun bisnis, keuntungannya tak hanya ia petik untuk diri sendiri tapi juga membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dengan begitu, sesuai dengan visi hidup mba Witha yang mana ingin agar bermanfaat bagi orang lain.

Akhirnya, tahun 2014, mba Witha memutuskan untuk melepas usaha dibidang kuliner (tentunya setelah break even point dan profit tercapai). Hal ini diputuskan karena mba Witha ingin fokus menekuni brand fashionnya yaitu RJ by Roswitha dan ingin menekuni profesinya sebagai blogger.  

Disamping aktif sebagai blogger juga entrepreneur, mba Witha bersama dan teman-teman nya juga aktif mengelola komunitas Hijab Influencers Network. Yang mana komunitas tersebut sebagai wadah untuk berkumpulnya para hijab influencers, juga sebagai komunitas yang menyelenggarakan berbagai event untuk influencers maupun jasa Key Opinion Leader (KOL) coordinator.

Sebagai seorang entrepreneur juga blogger, ia memiliki motivasi yang kuat untuk terus berkompeten dalam berkarya.

Memulai dan mempertahankan bisnis tentu tidak mudah, diperlukan kerja keras ekstra dibandingkan kita menjadi karyawan. Tapi hasil yang diperoleh tentu tidak akan mengkhianati usaha.

Hubungan Antara Blog Dan Bisnis

Menurut perempuan inspiratif yang satu ini, blog dan dunia entrepreneur memiliki kaitan yang sangat erat, lho!  Mari kita lihat data dibawah ini :



Berdasarkan data yang diambil dari “Similarweb’s Ranking of Top Websiters dapat dilihat bahwa blog berada pada peringkat ke-4 website yang paling banyak dikunjungi setelah google.co.id, google.com dan facebook.com.

Bahkan, dalam keseharian kita untuk mencari informasi biasanya kita akan langsung berselancar di Google terlebih dahulu. Barulah Google akan memberikan sekian banyak informasi yang berkaitan dengan hal yang kita cari. Umumnya, artikel yang muncul pun berasal dari blogpost atau blog seseorang.

Tak heran, bila kemudian banyak brand yang mencari blogger untuk memberikan review akan produk maupun jasa mereka, dengan beberapa alasan antara lain : 

1.Blog lebih murah daripada harus beriklan di media elektronik seperti TV , Radio, maupun media cetak
2.Review yang diberikan dirasakan lebih jujur dimata pembaca, based on real experience dari blogger tersebut
3. Cakupan blog yang luas dan tak terbatas. Artikel pada blog akan terus ada selama blog tersebut aktif , tidak akan hilang, dan dapat dibaca dan dilihat kapanpun, dimanapun. Dibandingkan dengan advertisement di TV yang hanya ada saat itu saja.

Sebab itulah, dunia blog dan bisnis saling berkaitan dan mendukung satu sama lain. Tak heran, bila akhirnya kita akan sering menemukan beberapa blogger yang menulis tentang review brand/produknya pada blognya sendiri, termasuk mba Witha.  

5 Manfaat Blog Dalam Dunia Entrepreneur


Nah, untuk para bogger yang berniat untuk memulai bisnisnya tapi masih ragu, simak deh apa saja manfaat blog yang sebenarnya sangat berpengaruh di dunia entrepreneur, yaitu:

1. Sebagai sarana promosi / marketing channel

Jika kita memiliki bisnis, memiliki blog adalah salah satu hal wajib untuk memasarkan produk/jasa kita kepada customer.

2. Sebagai sumber penghasilan  

Sebuah brand juga akan memerlukan review dari blogger untuk mempromosikan usaha mereka. Dalam hal ini blogger akan memperoleh sejumlah fee atas review yang diberikan oleh blogger berupa blogpost.

3. Memperdalam skill menulis hingga menerbitkan sebuah karya

Kita sering dengar mengenai blog yang dibukukan. Melalui artikel-artikel yang ada di blog dapat dikembangkan lebih jauh untuk menjadi buku. Contohnya : Buku best seller “Notes from Qatar” yang awalnya merupakan tulisan sang Penulis Muhammad Assad pada blognya, dimana kemudian dibukukan dan laris dipasaran.

4. Membuka sumber-sumber pekerjaan lain yang berkaitan dengan skill yang kita tampilkan di blog

Inilah yang dikatakan, rezeki akan datang dari arah yang tak terduga. Melalui tulisan dan foto-foto yang ditampilkan di blog tak jarang menghasilkan pekerjaan lain yang berkaitan. Misalnya, foto-foto yang ditampilkan pada blog selalu bagus, hasilnya seorang blogger dapat diberikan pekerjaan sebagai photographer, atau memberikan training / kursus photography.

Seperti mba Witha misalnya diminta untuk memberikan training mengenai blogging dan kewirausahaan untuk mahasiswa, atas apa yang telah ia bagikan di blog dan sosial media.

5. Memberikan influence positif untuk banyak orang

Tentunya melalui blog kita dapat memberikan pengaruh positif melalui hal yang kita tulis kepada banyak orang. Kita dapat memotivasi orang lain untuk mulai berwirausaha melalui tulisan kita. Kita dapat memberikan ide-ide maupun pemikiran positif kepada banyak orang.
  
Kedepapannya, entrepreneur dan blogger wanita yang satu ini ingin terus menghasilkan hal yang bermanfaat tidak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk orang lain.
Hal tersebut dapat dicapai melalui pengembangan usaha RJ by Roswitha, yang ia kelola. Tak hanya itu, blogger ini juga ingin terus meningkatkan kualitas tulisan pada blog www.rj-story.com, dan mengembangkan komunitas Hijab Influencers Network, dimana visinya adalah menjadi Komunitas Hijab Influencers pertama di dunia, yang konsisten menyajikan event dan hal-hal positif dan bermanfaat.

Inspiratif banget ya blogger yang satu ini! Tak hanya melakoni dunia blogging, tapi mba Roswitha Jassin juga terampil sekali dalam dunia entrepreneur.  Mba witha saja bisa lho, jadi blogger dan entrepreneur sekaligus! Kamu juga pasti bisa deh jika mau mencoba!


0 comments